Komisi II : Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani Bertujuan Ingin Wujudkan Kedaulatan Petani

Hj Dewi Damayanti Said (Paling Kanan)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Penjelasan Komisi II Atas Inisiatif Raperda Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani di Prov Kalsel, yang disampaikan oleh Hj Dewi Damayanti Said, pada rapat sidang paripurna DPRD Kalsel, Kamis, 7 Nopember 2019, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa dibentuknya Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani di Provinsi Kalimantan Selatan ini bertujuan untuk, Pertama, mewujudkan kedaulatan dan kemandirian Petani dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kehidupan yang lebih baik.
Kedua, menyediakan prasarana dan sarana Pertanian yang dibutuhkan dalam mengembangkan Usaha Tani.
Ketiga, memberikan kepastian Usaha Tani. Keempat, melindungi Petani dari fluktuasi harga, praktik ekonomi biaya tinggi, gagal panen, bencana alam dan perubahan iklim ekstrem yang menyebabkan Petani tidak dapat melanjutkan usaha taninya.
Kelima, meningkatkan kemampuan dan kapasitas Petani serta Kelembagaan Petani dalam menjalankan Usaha Tani yang Produktif, maju, modern dan berkelanjutan.
Keenam, Menumbuh kembangkan kelembagaan pembiayaan pertanian yang melayani kepentingan usaha tani. Ketujuh, meningkatkan akses petani pada sumberdaya pertanian sehingga lebih produktif dan berkelanjutan. Delapan, meningkatkan penyerapan angkatan kerja muda pada sektor pertanian, dan sembilan, mencegah trejadinya konsentrasi penguasaan dan pemilikan lahan pertanian untuk kepentingan akumulasi modal dan spekulasi.
“Bahwa berdasarkan pertimbangan dan gambaran di atas Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengganggap perlu untuk membentuk Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani sebagai inisiatif kami untuk disampaikan dalam rapat paripurna dewan,” ujar Dewi . (Ais/Mzr/tabloidprosekbanjarmasin)

 188 total views,  4 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.