Kalsel Rentan Kebakaran, Dewan Godok Perda Pencegahan dan Penanggulangan

Iskandar Zulkarnain

Banjarmasin, mediaprospek.com– Tanggapan Fraksi Persatuan Nurani Demokrat (PND) DPRD Prov Kalsel Terhadap Pengajuan Usul Inisiatif Komisi I dan Komisi II mengenai pertama, Raperda Prov Kalsel Tentang Penanggulangan Kebakaran, yang disampaikan oleh Iskandar Zulkarnain, pada sidang rapat paripurna DPRD Kalsel, Kamis, 7 Nopember 2019, lalu, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan mengatakan bahwa Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan kebakaran ini memang harus segera kita buat, sebab kondisi Kalimantan Selatan memang sangat rentan dengan bahaya kebakaran. Sebagai contoh, berdasarkan pemberitaan di media pemberitaan, di Banjarmasin saja dalam dua bulan, Agustus dan September terjadi 17 kasus kebakaran dengan kerugian mencapai puluhan miliar rupiah.
Iskandar mengatakan bahwa kebakaran sepertinya sudah menjadi langganan dan, “Semoga kita tidak menerima ini sebagai suatu keniscayaan, karena kondisi bangunan kita yang banyak berbahan kayu, kesadaran tentang perlunya langkah preventif yang masih rendah dan lain sebagainya. Namun, kami yakin tentu kita semua sependapat, harus ada ikhitiar yang sungguh-sungguh agar kebakaran yang sangat merugikan ini bisa berkurang atau kalau mungkin habis sama sekali, ya antara lain dengan pengajuan Raperda ini,” ujarnya.
“Partisipasi masyarakat yang sangat tinggi dalam upaya pemadaman kebakaran tentunya harus diimbangi dengan peran serta pemerintah. Para sukarelawan pemadam kebakaran yang bekerja dengan peralatan seadanya, seringkali bekerja tanpa menghiraukan keselamatan diri sendiri, tentunya harus kita ayomi dengan baik. Pemerintah harus bisa membantu kelayakan dan kelengkapan peralatan yang dipakai serta memberikan perlindungan bagi para sukarelawan,” katanya.
“Kami mengusulkan dianggarkannya dana bantuan operasional BPK (kalau belum ada). Kalau sudah ada, kami mengusulkan agar ditingkatkan anggarannya. Untuk anggota BPK kami mengusulkan agar pemerintah dapat memberikan perlindungan dalam bentuk pemberian pengetahuan tentang keselamatan kerja, juga (kalau ini belum) ini tentunya sangat menggembirakan sahabat-sahabat relawan BPK, kami Fraksi Persatuan Nurani Demokrat mengusulkan agar anggota BPK diasuransikan oleh pemerintah,” tandasnya.
“Selain itu, kami juga berharap agar materi Raperda tidak hanya fokus tentang bagaimana penanganan kebakarannya serta penyediaan fasilitas pendukung agar kebakaran yang terjadi bisa segera diatasi, tetapi juga memperhatikan bagaimana upaya pencegahan agar kebakaran itu tidak terjadi. Langkah-langkah membangun kesadaran kolektif bahwa pencegahan kebakaran itu lebih baik dari pemadamannya tentunya harus menjadi perhatian kita bersama,” imbuhnya. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 145 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.