Home / Ekonomi & Bisnis / Kalsel Harus Menjadi Penyangga Pangan

Kalsel Harus Menjadi Penyangga Pangan

Banjarmasin, mediaprospek.com–Sekdaprov Kalsel, H. Abdul Haris Makie, usai rapat sidang paripurna DPRD Kalsel, menjawab pertanyaan wartawan, mengatakan bahwa, Gubernur dalam sambutannya sangat mengapresiasi Raperda dari inisiatif dewan, apalagi dari sektor pertanian. Rabu, (20/11) siang.
“Gubernur sudah menginstruksikan kepada kami semua, khususnya yang di sektor pangan bahwa seiring dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara, tentu kita harus mempersiapkan diri,” katanya.
“Gubernur sudah menyatakan kita harus menjadi penyangga utama khususnya di sektor pangan. Oleh karena itu, program pemerintah pusat serasi 250 ribu Ha itu terus kita genjot, kita lakukan penguatan-penguatan pada sektor-sektor pertanian,” ujarnya.
“Gubernur sangat konsen untuk peningkatan-peningkatan upaya kesejahteraan petani, tentunya juga modernisasi, bagaimana pengolahan pertaniannya. Itu semua di konsep di Dinas Teknis, Imbuhnya.
“Jadi intinya bahwa terkait dengan pertanian, kami sangat sependapat dan mendukung DPRD, ucapnya.
“Yang kedua, terkait dengan pemadam kebakaran, tentu bukan hanya soal kebakaran perumahan, juga termasuk hutan. Ini menjadi konsentrasi, karena pengalaman tahun yang sekarang ini banyak hal yang menjadi pengalaman yang kita lakukan,” tandasnya.
“Kita sudah melakukan evaluasi-evaluasi apa yang harus kita lakukan ke depan. Karena itu, inisiatif DPRD ini sangat memberikan penguatan pikiran kita untuk bagaimana kita melakukan langkah-langkah berikutnya secara teknis operasional,” ungkapnya.
“Hanya saja tentu kita melihat, misalnya kita ingin mengatur membuat Perda yang terkait kebakaran tentu kita akan melihat peraturan-peraturan yang lebih tinggi di atasnya agar tidak bertentangan atau berbenturan. Karena kalau berbenturan kita akan tertolak juga Perda itu, semua akan kita kaji,”jelasnya.
“Terkait Kebun Raya Banua, tadi kan baru disampaikan tanggapan DPRD, kita belum membahas, tentu akan dibahas oleh teman-teman teknis nantinya,” imbuhnya.
“Saya kira terkait usulan-usulan dan tanggapan teman-teman DPRD Fraksi tadi sangat positif untuk pengembangan Kebun Raya Banua, karena Kebun Raya Banua adalah salah satu asset yang bisa kita manfaatkan untuk penelitian juga untuk sarana rekreasi atau wisata,” katanya. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 71 total views,  1 views today