Fraksi PDI P : Kebun Raya Banua Diharapkan Menjadi Tempat Konservasi

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pemandangan Umum Fraksi PDIP DPRD Prov Kalsel Terhadap 2 (dua) Raperda Tentang Pengelolaan Kawasan Kebun Raya Banua dan Keamanan Pangan, yang disampaikan oleh Fahrani, pada rapat sidang paripurna, Rabu, 20 Nopember 2019 lalu, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan yang hadir, mengatakan bahwa, Kebun Raya Banua diharapkan menjadi tempat untuk penyelamatan (konservasi) in situ dan ex situ tumbuhan di Banua Kalimantan Selatan khususnya serta Indonesia umumnya.
Disisi lain, Fahrani mengatakan bahwa dengan adanya Perda tentang pengelolaan Kebun Raya Banua ini menambah pemahaman masyarakat terkait betapa pentingnya keanekaragaman hayati yang selama ini sudah dikampanyekan oleh berbagai pihak.

Terbentuknya pengelolaan Kebun Raya Banua yang nantinya sebagai wahana konservasi tumbuhan itu sama saja menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem lingkungan, menata dan mengembangkan fungsi ruang terbuka hijau, serta meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat, indah, bersih dan nyaman.

“Kami dari Fraksi PDI Perjuangan juga berharap dengan adanya Perda tersebut Kebun Raya Banua mempunyai manfaat menjadi sarana penelitian, pendidikan dan penyuluhan, sarana untuk mencerminkan identitas daerah, sarana rekreasi serta interaksi sosial, guna meningkatkan potensi ekonomi daerah, juga menumbuhkan rasa bangga untuk meningkatkan nilai tambah demi prestise daerah, sarana aktivitas sosial bagi anak-anak, remaja, dewasa dan manula, serta meningkatkan cadangan oksigen dan reduksi karbon,” ujar Fahrani.

“Lajunya industri pangan saat ini mengakibatkan sejumlah bahan pangan yang dijual dipasaran mengandung zat kimia yang berbahaya untuk dikonsumsi, hal ini terjadi adanya oknum-oknum petani yang bertindak tidak sesuai aturan serta dapat merugikan masyarakat. Sehingga menjadi peringatan bagi pemerintah dan pelaku usaha baik itu petani untuk memahami betapa pentingnya penanganan keamanan pangan,” kata Fahrani. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 266 total views,  2 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.