Home / Ekonomi & Bisnis / F PKB : Keberadaan Kebun Raya Banua Hambat Proses Degradasi Hutan

F PKB : Keberadaan Kebun Raya Banua Hambat Proses Degradasi Hutan

H. Agus Mawardi dari F Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Banjarmasin, mediaprospek.com– Pandangan Umum F Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas Penjelasan Gubernur Terhadap 2 (dua) Raperda Prov Kalsel, yang disampaikan oleh H. Agus Mawardi pada rapat sidang paripurna, Rabu, 20 November 2019 lalu, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan yang hadir, mengatakan bahwa Fraksi PKB sangat mengapresiasi adanya usulan Raperda ini sebagai bentuk pelestarian kekayaan hayati khususnya di Kalimantan Selatan yang diharapkan akan membantu menghambat proses degradasi yang cukup menghawatirkan di seluruh hutan saat ini.
“Kami menekankan pada kesadaran untuk saling menjaga kelestarian kebun raya ini dari semua pihak baik pengelola maupun masyarakat agar benar-benar terjaga dan menjadi sarana yang bernilai baik dari sisi hiburan maupun ilmu pengetahuan bagi semua, ujar Agus.
“Kedua, Raperda tentang keamanan pangan, kami dari fraksi PKB menyetujui dan mengapresiasi untuk sesegeranya ditingkatkan sebagai peraturan daerah di mana hal tersebut memang sangat dibutuhkan saat ini sebagai bagian dari upaya untuk menjamin produksi pangan yang benar sehat dan aman untuk dikonsumsi bagi masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan,” kata Agus.
Kemudian selain pengawasan dari pihak-hak terkait perlu adanya upaya mengedukasi masyarakat agar bisa lebih teliti terhadap pangan yang akan dikonsumsi, terutama terhadap produk-produk pangan dari negara lain yang sekarang mudah didapatkan di pasaran sebagai akibat efek era pasar bebas saat ini dibandingkan dengan produk lokal yang ada.
“Dan yang terakhir perlu adanya sarana baik lembaga atau fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan atau mengadukan apabila ada ditemukan produk atau bahan yang dianggap berbahaya bagi kesehatan,” tandasnya.
“Dengan demikian harapannya dimulai dari kita mempunyai keyakinan yang kuat untuk mensejahterakan seluruh masyarakat banua dan melihat potensi di Provinsi Kalimantan Selatan. Insya Allah provinsi menjadi salah satu provinsi yang tangguh dan berdaya saing,” imbuhnya. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

27 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini