F PDI P Setuju Teruskan Proses Pembahasan Raperda Penanggulangan Kebakaran dan Pemberdayaan Petani

Burhanuddin

Banjarmasin, mediaprospek.com– Pemandangan Umum Fraksi PDI Perjuangan DPRD Prov Kalsel Atas Inisiatif Komisi I dan Komisi II DPRD Prov Kalsel tentang Pertama, Penanggulangan Kebakaran di Kalsel, Kedua, Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, yang disampaikan oleh Burhanuddin di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, Kamis, 7 Nopember 2019 lalu, bahwa sebagaimana penjelasan Komisi I yang menginisiasi Raperda ini, berdasarkan Pasal 28 Huruf G ayat (1) UU RI Tahun 1945 “Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harta benda yang di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi”.

Kedua, Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani. Sebagaimana penjelasan yang disampaikan oleh Ketua Komisi II dan berdasarkan pertimbangan tersebut kami menilai bahwa Rancangan Perda ini secara Filosofis, Sosiologis dan Yuridis telah memiliki landasan yang cukup jelas sehingga pada dasamya kami setuju untuk meneruskan proses pembahasan Rancangan Perda ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen kita terhadap perlindungan dan pemberdayaan petani.

Burhanuddin mengatakan bahwa dalam Peraturan Perundang-undangan di Indonesia, berdasarkan Undang- Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, mengamanatkan bahwa pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya bertanggung jawab atas perlindungan dan pemberdayaan petani di daerah, juga salah satu bentuk dukungan kebijakan nasional.

“Lahirnya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 idealnya dapat memberikan implikasi positif dalam hal perlindungan dan pemberdayaan petani di Provinsi Kalimantan Selatan masih belum sepenuhnya dirasakan petani. Sehingga perlu ada penguatan guna memacu sektor pertanian, petani memiliki kesempatan ikut serta mewujudkan provinsi Kalimantan Selatan menjadi provinsi terdepan, berdikari dan berdaya saing,” ujarnya. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 204 total views,  1 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.