Home / Ekonomi & Bisnis / Dana Desa Jangan Hanya Terfokus Pembangunan Infrastruktur Saja

Dana Desa Jangan Hanya Terfokus Pembangunan Infrastruktur Saja

 

Banjarmasin, mediaprospek.com– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Prov Kalsel, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Wahyu Widyo Nugroho, mengatakan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Prov Kalsel, berharap bahwa mudah-mudahan hasil dari pelatihan yang diselenggarakan Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Banjarmasin, bisa diaplikasikan di desa, paling tidak bisa membuka wawasan di desa. “Jangan sampai ke depan dana desa yang selama ini dikucurkan oleh pemerintah itu hanya kita fokuskan kepada pembangunan infrastruktur,” harap Wahyu.
Sebelumnya Wahyu menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran Balatmas Banjarmasin di bawah Pimpinan Pepen Ependi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan pengembangan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jumat (1/11) Pagi.
“Jadi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena ini adalah salah satu upaya kita semua dalam rangka mengembangkan potensi desa melalui BUMDes,” Kata Wahyu.
Sebagai gambaran, di Kalsel ini dari 1.864 Desa, ini baru terbentuk sekitar 1.300 BUMDes atau sekitar 80 persen. Dari 1.300 BUMDes itu yang kategori Dasar ada sekitar 839, kategori tumbuh sekitar 400 san, kategori berkembang sekita 30 sekian dan hanya ada satu BUMDes yang kategori Maju.
Sudah menjadi tugas bersama ke depan untuk bagaimana caranya untuk bisa mengembangkan BUMDes di desa sebagai penggerak ekonomi desa. “Karena bagaimanapun ke depan kita berharap ekonomi desa ini bisa lebih tumbuh lagi,” kata Wahyu.
“Jadi, sekali lagi saya merasa sangat terhormat bahwa pada kesempatan kali ini ada pelatihan bagi para pengelola BUMDes di desa untuk lebih meningkatkan kapasitas mereka,” ungkapWahyu.
Jadi, di dalam 5 (lima) tahun perkembangan dana desa yang sudah berjalan ini, mulai dari awal tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018, empat tahun terakhir ini memang untuk Prov. Kalsel masih berfokus kepada pembangunan infrastruktur.
“Di kesempatan kali ini, mungkin kita bisa membawa pemikiran baru kepada teman-teman di desa, kepada pemerintah desa, bahwa ke depan sudah saatnya kita mengubah cara fikir kita untuk membangun desa melalui sektor pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan ekonominya, ini harapan terbesar saya,” ujar Wahyu.
Kepala Dinas PMD Kotabaru melalui Sekretaris Johan Noor, mengatakan bahwa pada prinsipnya dengan adanya kegiatan pelatihan, “Kami sangat berterimakasih sekali karena memang harapan kita terhadap penyelenggaraan pelaksanaan semua kegiatan yang ingin kita upayakan untuk BUMDes kita yang ada. Terutama kami dari Kotabaru ini juga perlu mendapat support yang sangat luar biasa, karena memang kami ada 198 Desa yang ada di Kab. Kotabaru, baru sekitar 20 % sudah terbentuk BUMDesnya,” ujarnya.
“Tetapi dengan kondisi awal ini, memang dengan adanya harapan pelaksanaan pelatihan ini tentu kami berharap terhadap 20 % desa kami yang sudah terbentuk BUMDes nya ini, paling tidak bisa menjadi percontohan bagi desa-desa yang 80 % masih belum menyesuaikan pelaksanaan BUMDes ini,” ungkapnya.
“Selain itu juga, untuk para peserta kami yang menjadi perwakilan pada hari ini, kami tentu berharap mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini kalian adalah sebagai kader awal yang bisa memacu rekan-rekan kita untuk desa-desa yang lain yang ada di wilayah Kotabaru,” kata Johan.
“Dan saya juga berpesan manfaatkanlah kesempatan pelatihan ini sehingga nanti saat kita berada di lokasi, paling tidak desa-desa yang lain akan kami bawa nanti untuk belajar ke desa-desa yang sudah mengikuti pelatihan-pelatihan untuk kegiatan BUMDes ini. Karena memang satu sisi dari beberapa desa yang ada, walaupun dari pemerintah sudah bisa menganggarkan dana untuk kegiatan-kegiatan BUMDes, tetapi untuk desa yang lain inovasi dan kreatifitasnya masih belum terlihat,” harap Johan.
“Tentu harapan kita dengan adanya pelatihan ini bisa membawa manfaat yang besar bagi desa-desa kita yang lain,” jelas Johan. (Ais/Mzr/tabloidprospekbanjarmasin)

 62 total views,  1 views today