Belanja Daerah Selalu Memihak kepada Kepentingan Masyarakat

Gubernur H. Sahbirin Noor pada saat sidang rapat paripurna (Foto Sekteratriat DPRD Kalsel/Agus)

Jawaban Gubernur  Atas  Pemandangan  Umum  Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  Tahun Anggaran 2020

 Banjarmasin, mediaprospek.com— Gubernur H. Sahbirin Noor pada saat sidang rapat paripurna, menyampaikan jawaban Gubernur Atas Pemandangan  Umum  Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  Tahun Anggaran 2020 pukul  10.00 wita di ruang rapat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin,  Senin, (14/10)  pagi.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor mengatakan bahwa, terhadap catatan yang   disampaikan oleh Fraksi-Fraksi akan menjadi perhatian kami terutama sistem pengelolaan pendapatan daerah dengan pencapaian yang positif sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dengan transparan, akuntabel dan juga akan terus mengoptimalkan pemberdayaan badan usaha milik daerah, dengan harapan dapat menambah  penerimaan pendapatan daerah,” imbuhnya.

“Sedangkan untuk belanja daerah, kami selalu memperhatikan program-program yang memihak kepentingan dan kebutuhan masyarakat melalui tiga belas prioritas pembangunan tahun 2016-2021, antara lain infrastruktur yang berkualitas, peningkatan sumber daya manusia yang agamis, sehat, cerdas dan terampil untuk pengembangan daya saing ekonomi daerah,” paparnya.

Dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020, selalu berpedoman pada rencana kerja pemerintah daerah yang telah ditetapkan dengan menggunakan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS) serta terus melakukan penguatan untuk peningkatan pelaksanaan program yang mengacu pada perencanaan berbasis kinerja.

“Kami juga sependapat untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menggali potensi-potensi daerah yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dengan membangun aplikasi secara elektronik, melakukan pemutahiran data objek pajak dan retribusi serta selalu melakukan evaluasi atas regulasi pendapatan yang telah ada, sehingga dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin    untuk    meningkatkan    pelayanan    dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2020 diharapkan terus berusaha menguatkan kapasitas fiskal untuk mebiayai pembangunan daerah dengan memperhitungkan target pendapatan secara terukur berdasarkan potensi sumber

Pendapatan di Kalimantan Selatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pilihan struktur anggaran defisit yang ditutupi dengan pembiayaan daerah, selalu memperhatikan dan berpedoman serta tidak melampaui batas defisit anggaran yang telah ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Namun demikian kami tetap berusaha dan selalu menjadikan perhatian, agar terdapat keselarasan rasionalitas dengan kondisi keuangan daerah, dalam rangka menjaga stabilitas fiskal daerah Provinsi Kalimantan Selatan,  sehingga diharapkan kontinuitas berjalan sebagaimana mestinya untuk kepentingan masyarakat secara luas,” cetusnya

Sebelumnya, pada hari kamis 10 Oktober yang lalu, telah didengarkan bersama pemandangan umum fraksi-fraksi dewan atas Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020, yang  disampaikan  oleh  juru   bicara masing-masing fraksi.

Memperhatikan seluruh pemandangan umum  fraksi-fraksi dewan, Gubernur H. Sahbirin Noor menyampaikan jawaban secara umum, Pertama, “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan, pengertian, dan persepsi yang sama atas latar belakang penyampaian rancangan peraturan daerah yang disampaikan Dewan perwakilan rakyat daerah Provinsi Kalimantan Selatan melalui fraksi-fraksi,” kata Gubernur.

Gubernur H. Sahbirin juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas apresiasi dan dukungan yang telah diberikan oleh pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, sehingga pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020 dapat ditetapkan tepat pada waktunya. Meskipun masih terdapat hal yang harus disempurnakan, namun demikian dengan adanya dukungan dan kerja sama yang baik diantara unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah dan segenap lapisan masyarakat, “Semoga kita dapat menyelesaikan seluruh agenda pemerintahan maupun tugas-tugas pembangunan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Kalimantan Selatan (banua tercinta),” ujar Gubernur.

“Kedua, kami sangat mengapresiasi saran dan masukan yang disampaikan melalui juru bicara fraksi-fraksi dewan, dan selanjutnya kami jadikan perhatian sebagai bahan penyempurnaan kedepan. Meskipun masih banyak terdapat kelemahan/ kekurangan. Namun demikian, dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik di antara kita dan dengan seluruh lapisan masyarakat di banua yang kita cintai ini, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan Insya Allah akan kita peroleh,” tandas Gubernur.

Berkaitan dengan tanggapan dari masing-masing fraksi-fraksi dewan, dapat dijelaskan , bahwa anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun  anggaran  2020  ini  tidak  lepas dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2016-2021 dan juga selalu memperhatikan kebijakan–kebijakan nasional yang telah dipublikasikan ke daerah.  Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah juga akan dievaluasi   dari   tahun   ke  tahun   untuk mencapai visi  kita  bersama  yang   tertuang   dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun  2016-2021 yaitu Kalimantan Selatan mandiri dan terdepan.

Diharapkan nantinya anggaran pendapatan dan belanja daerah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, mendukung upaya pengentasan kemiskinan, penguatan ketersediaan infrastruktur dasar, pengurangan ketimpangan antar wilayah, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Demikian jawaban yang kami sampaikan. Besar harapan kami agar proses pembahasan rancangan peraturan daerah tersebut berjalan dengan lancar sehingga dapat  segera ditetapkan menjadi peraturan daerah.   Semoga jawaban yang kami sampaikan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi DPRD dalam rapat pembahasan nantinya.  Sebelum mengakhiri sambutan ini, sekali lagi perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas perhatian dan partisipasinya.  Semoga proses penetapan dan pengundangan rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020 dapat berjalan lancar sesuai target waktu yang ditentukan,” katanya. (Ais/Mzr/ tabloid prospek banjarmasin)

 154 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.