Jadikan Hari Jadi ke 493 Kota Banjarmasin Perkokoh Kebersamaan dan Persatuan

Gubernur  Kalsel H. Sahbirin

Banjarmasin, mediaprospek.com– Atas nama pribadi dan pemerintah Prov Kalsel, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi (Harjad) Ke 493 Kota Banjarmasin. Mudah-mudahan dengan peringatan Hari Jadi ini, pemerintah dan seluruh rakyat di Kota Banjarmasin semakin memperkokoh kebersamaan, sinergi dan kekompakan, persaudaraan dan persatuan demi pembangunan berkelanjutan di Kota Banjarmasin. Gubernur H. Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin mengatakan hal itu dalam sambutannya di hadapan para hadirin dan undangan, pada rangkaian Hari Jadi ke 493 Kota Banjarmasin di halaman siring Pemko Banjarmasin, Selasa, (24/9) malam.


“Kini kota Banjarmasin memperingati Harjad ke 493, di mana peringatan ini tentunya sebagai wujud rasa syukur, rasa memiliki, rasa menyayangi terhadap kota Banjarmasin yang telah memberikan tempat yang nyaman bagi kehidupan kita,” ujar Gubernur.

Dengan mensyukuri eksistensi Kota Banjarmasin yang hampir lima abad ini, Insya Allah pembangunan di Kota Seribu Sungai ini akan semakin berkah. Berkah dalam kesejahteraan, berkah dalam kemakmuran, berkah dalam pendidikan, berkah dalam perekonomian serta berkah untuk semua aspek kehidupan.

“Kita semua sangat gembira menyaksikan perkembangan pembangunan di kota Banjarmasin, di mana berkat kebersamaan Walikota dan Wakil Walikota, DPRD, jajaran Forum Koordinasi pimpinan daerah serta dukungan dari para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat tampak nyata banyak keberhasilan pembangunan di kota Seribu Sungai ini,” kata Gubernur.

“Dalam sambutan Walikota tadi kita menyimak bersama berbagai keberhasilan pembangunan dan kemajuan tercapai di kota Banjarmasin, baik pembangunan di sektor ekonomi, pendidikan maupun di bidang kesehatan dan bahkan kota Banjarmasin meraih belasan penghargaan,” ujarnya.

Kehidupan masyarakat di Kota Banjarmasin juga tampak semakin sejahtera dengan terus bertambahnya fasilitas publik, tersedianya Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang memadai, termasuk meningkatnya rutinitas kegiatan keagamaan.
“Kita semua tentu sangat bersyukur dengan berbagai capaian keberhasilan pembangunan yang diraih kota Banjarmasin. Tugas kita bersama untuk memelihara dan sekaligus meningkatkan pembangunan yang sudah diwujudkan,” tandasnya.

Kota Banjarmasin sebagai ibukota Prov Kalsel sekaligus kota pelabuhan, perdagangan dan jasa, sangat berpeluang untuk menjadi kota yang sejajar dengan kota-kota yang terhebat di muka bumi ini.  “Kota Banjarmasin memiliki keunikan dibanding kota-kota lain Indonesia, karena dikelilingi banyak aliran sungai. Ini potensi besar untuk kita kembangkan dan saat inipun sungguh telah memberikan berkah luar biasa bagi warga kota Seribu Sungai, bukan hanya jalur transportasi yang terbentuk dari aliran sungai, tetapi juga berkembangnya sektor pariwisata yang berbasis sungai, “jelasnya.
Ke depan, wilayah sungai dapat menjadi andalan dan urat nadi pembangunan di kota Banjarmasin. Sebagai kota dengan percepatan pembangunan dan pertambahan penduduk yang semakin pesat, maka kota Banjarmasin harus ditata dengan kota yang apik.

“Walikota beserta jajarannya kiranya mampu membuat perencanaan pembangunan berkelanjutan yang matang dan terarah, terutama berkaitan dengan tata ruang, kebutuhan dasar dan pelayanan publik,” pinta Gubernur.
“Saya sungguh sangat meyakini dan percaya bahwa pemerintah Kota Banjarmasin dan masyarakatnya bisa menghadapi tantangan dan problematika pembangunan kota yang semakin komplek, guna mencapai kemajuan pembangunan dan kemakmuran masyarakat, “ kata Gubernur.

“Sekali lagi selamat dan sukses kepada Walikota dan seluruh jajarannya dan hari ini memang butuh kolaborasi, kita butuh sinergisitas baik pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten, pemerintah Kota, karena kita ingin ada hasil pembangunan yang dahsyat, hasil pembangunan kita harapkan dapat memberikan kesejahteraan kepada rakyat kita, kesejahteraan baik lahir maupun bathin, kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat, “kata Gubernur mengakhiri sambutannya.

Pada malam itu acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi Astakona oleh Gubernur Kalsel, Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin didampingi Ketua DPRD Kota Banjarmasin beserta Isteri, Ketua TP. PKK Kota Banjarmasin dan Wakil Ketua I TP PKK Banjarmasin.

Hadir dalam acara itu, anggota DPR dan DPD RI Dapil Kalsel, Ketua DPRD Kalsel beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Prov Kalsel (Forkopimda) Kalsel dan Kota, Para Bupati dan Walikota se Kalsel, delegasi Asosiasi Kab/Kota peduli sanitasi se Indonesia,Ketua TP PKK Prov Kalsel, Para pimpinan instansi vertikal, Para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan. (Ais/Mzr)

 197 total views,  1 views today

Check Also

Ditangan Siswa SMP AMJ, Limbah Sawit Disulap Jadi Kapal Pinisi Unik

Foto ( Istimewa) Pasangkayu, mediaprospek.com – Berada di pelosok perkebunan sawit, ternyata tidak membuat siswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.