Bupati/Walikota Best Practice Motivasi Daerah-Daerah Perhatikan Sanitasi

Walikota H.Ibnu Sina (kiri) beserta isteri dan Wakil Walikota Banjarmasin H. Hermansyah beserta Isteri (kanan), (foto : Dok Humpro Pemko Banjarmasin)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Bupati/Walikota yang dikategorikan sebagai best praktise di masing-masing kabupatennya dapat memicu dan memberikan motivasi kepada daerah-daerah untuk memperhatikan terkait sanitasi, air limbah dan sebagainya. Sedangkan kalau bicara keunggulan tentu Banjarmasin diakui karena kita satu-satunya mungkin di Indonesia setelah Jakarta yaitu yang memiliki perusahaan daerah yang mengelola air limbah (PD PAL).

“Memang targetnya ada di Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM ) dan itu ada secara Online di websitenya dan kita juga bersyukur karena kegiatan AKKOPSI ini dibantu oleh USAID dengan IWASH nya dan IWASH ini yang kemudian mendampingi ada sekitar 35 Kab/Kota, untuk memperbaiki sarana dan prasarana dan juga fasilitas regulasi dan kebijakan terkait sanitasi dan limbah dan ini termasuk salah satu masukan kita,” kata Walikota H.Ibnu Sina kepada wartawan usai rangkaian perayaan hari jadi ke 493 kota Banjarmasin di siring Nol Siring KM, senin (23/9) malam.

“Dan mudah-mudahan Menteri PUPR, walaupun beliau tidak hadir tetapi Dirjennya hadir Dirjen Cipta Karya dan beliau memberikan oleh-oleh kepada kota-kota/Kab yang dianggap memiliki kinerja terbaik untuk penanganan air limbah, termasuk juga air limbah domistik dalam bentuk lumpur tinja,” ujar Ibnu.

“Oleh karena itu, ada 5 (lima) unit mobil sedot air limbah termasuk lumpur tinja yang akan dibagikan, tetapi sampai sekarang saya tidak tahu kota mana yang akan mendapatkan itu, karena memang ini agenda selingan per dua tahun. Tahun ini kita kinerja air limbah, sebelumnya di Jambi, kita juga memberikan apresiasi dalam bentuk Smart Sanitasi Award, ini dalam bentuk Smart Sanitasi Award (SSA) dan itu juga mendapatkan penghargaan yang diberikan dalam bentuk Truck pengangkut sampah,” Jelas Ibnu.

Disinggung tentang masalah Sungai Veteran, Ibnu Sina mengatakan bahwa “Sungai Veteran ini dalam perencanaan karena itu keterkaitannya dengan Balai, sedangkan status jalan adalah jalan Provinsi, kemudian dari Pemerintah Kota (Pemko) untuk pembebasan lahannya. Ini polanya, pembebasan lahan oleh Pemko, “jelas Ibnu Sina. (Ais/Mzr/tabloid prospek banjarmasin)

 222 total views,  2 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.