Antisipasi Kebakaran Kapolres HSU Gandeng PT PDL Lakukan Patroli


Kapolres HSU Ahmad Arif Sopiyan melakukan patroli antisipasi karhutla  menggunakan motor trail

Amuntai,  mediaprospek.com–Ditengah cuaca panas akibat musim kemarau, Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Ahmad Arif Sopiyan S.IK melakukan patroli antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bersama PT Persada Dinamika Lestari (PDL) Anak Usaha Grup Astra Agro yang berada di wilayah Kecamatan Banjang, Kabupaten HSU, Kamis (5/9).

“Patroli antisipasi karhutla ini sebagai bentuk kerjasama pemerintah dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit dalam memperkuat penangulanggan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten HSU dan Provinsi Kalimantan Selatan,”. ujar Arif.

Ia menambahkan bahwa upaya antisipasi karhutla sudah dilakukan sejak awal Agustus kemarin.

“Memasuki musim kemarau kami melakukan upaya preventif dengan menghimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah dan lahan sembarangan”, ucap Arif.

Arif mengatakan selain melakukan himbauan kepada masyarakat, pihaknya juga membentuk Satgas baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten untuk upaya pemadaman ketika sudah terjadi kebakaran, tegasnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga menghimbau perusahaan-perusahaan di sekitar wilayah HSU untuk melakukan upaya antisipasi terjadinya kebakaran, salah satunya seperti yang dilakukan PT PDL ucapnya.

Tim TKTD PT PDL melakukan pemadaman api dalam acara simulasi antisipasi Karhutla

“Kami mengapresiasi kesiapsiagaan PT PDL  dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan”, ungkap Arif.

Dalam rangka menghadapi musim kemarau dan bahaya kebakaran tahun ini Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (TKTD) PT PDL melakukan

patroli setiap hari yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat, Fire Brigade, Regu Pemantau dan Regu Patroli Api, ujar Administratur PT PDL Hakim Rosyadi.

Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api (MPA), dan membantu melakukan pemadaman ketika ditemukan titik api di sekitar kebun, tegas Hakim.

Hakim mengatakan bahwa PT PDL bertekad untuk ikut dalam menjaga lingkungan, khususnya dalam penangulangan karhutla di HSU.  Bekerjasama dengan Polri, TNI, dan masyarakat kami siap mendukung pemadaman api (****/mzr)

 

 740 total views,  3 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.