Ratusan Sekolah di Kab. Banjar Terus Dibangun dan Diperbaiki

Bupati Kab. Banjar H Khalilurrahman

Banjarmasin, mediaprospek.com– Komitmen Bupati H Khalilurrahman dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Banjar begitu besar. Perbaikan fasilitas belajar mengajar merupakan salah satu yang menjadi kegiatan utama dalam upaya mencapai tujuan mencerdaskan anak-anak di daerahnya.

Wakil Bupati Kab. Banjar H. Saidi Mansyur, SE

Selain itu juga peningkatan sumber daya manusia, para gruru serta tenaga pengajar juga menjadi sebuah keharusan di Kabupaten Banjar. Para guru, kepala sekolah maupun penilik sekolah banyak diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai diklat dan worksop keprofesian guna menunjang kemampuan masing-masing dalam upaya memajukan pembangunan Pendidikan dan kualitas Pendidikan di Kabupaten Banjar.

Sedangkan pembangunan faslitas Pendidikan bisa terlihat dari dibangunnya sejumlah sekolah serta perbaikan sekolah dan ruang kelas yang rusak, pada periode 2016 hingga 2019. Perbaikan fasilitas belajar dilakukan  mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDI) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tercatat pembangunan Gedung PAUDNI sebanyak 28 paket selama tiga tahun terakhir yakni 22 paket pada 2016, 2 paket pada 2017 dan 4 paket pada 2018. Selama periode tersebut juga dilakukan pembangunan ruang PAUDNI sebanyak 28 ruang yaitu 16 ruang pada 2016, sebanyak 3 paket pada 2017 dan 9 paket pada 2018.              Perbaikan atau rehabilitasi sedang hingga berat Gedung PAUDNI dilakukan 7 paket pada 2016 dan 10 buah pada 2018.

Pendidikan anak  usia dini (PAUDNI) merupakan salah satu fokus pengembangan Pendidikan di Kabupaten Banjar. Disadari bahwa Pendidikan anak di usia dini sangatlah penting dalam menentukan keberhasilan Pendidikan seorang anak nantinya. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya, mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.

Selain itu Pendidikan anak di usia dini untuk memberikan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).

PAUDNI memiliki fungsi utama mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik motorik kasar dan halus, sosial dan emosional anak. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara perkembangan yang dialami anak pada usia dini dengan keberhasilan mereka dalam kehidupan selanjutnya.

Misalnya, anak-anak yang hidup dalam lingkungan baik di rumah maupun di KB atau TK yang kaya interaksi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kata-kata dengan benar, sehingga ketika mereka masuk sekolah, mereka sudah mempunyai modal untuk membaca.

Untuk itulah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar juga membangun sarana dan prasarana untuk bermain anak usia dini. Tercatat selama periode 2016 hingga 2018 dibangun 10 paket taman bermain, lapangan upacara serta areal parkir di sekolah PAUDNI. Sedangkan penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE) baik di dalam Gedung maupun di luar Gedung juga cukup banyak yaitu 32 paket di 2016, 53 paket di tahun 2017 dan di tahun 2018 sebanyak 20 paket.

Pada jenjang Sekolah Dasar (SD) juga banyak dilakukan perbaikan sedang dan berat pada gedung sekolah sebanyak 105 ruang sekolah. 57 ruang sekolah dilakukan perbaikan pada 2016 yang mana 18 ruang di antaranya diperbaiki menggunakan Dana Anggaran Khusus (DAK). Sedangkan pada 2018 dilakukan perbaikan sebanyak 48 buah.

Pada jenjang SD juga banyak dilakukan pembangunan tingkat baik untuk ruang belajar maupun ruang guru. Tercatat selama periode 2016 hingga 2018 ada 40 ruang dan 22 paket dibangun tingkat. Begitupula dengan perbaikan perpustakaan tercatat dilakukan sebanyak 6 ruang yaitu pada 2016. Pembangunan taman, halaman, fasilitas parkir hingga pagar sekolah sebanyak 33 paket selama 2016 hingga 2018.

Pembangunan dan perbaikan pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun kepemimpinan Bupati H Khalilurrahman dilakukan sebanyak 27 ruangan yaitu 20 ruangan pada 2016 dan 7 ruangan pada 2018. Sedangkan perbaikan kategori sedang hingga berat sebanyak 15 paket di tahun 2018.

Pembangunan ruang praktikum sebanyak 2 paket, pembangunan taman, halaman serta pagar SMP sebanyak 15 paket. Sedangkan rumah atau ruang kepala sekolah atau penjaga sekolah dibangun sebanyak 10 ruang.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan, jumlah penduduk di Kabupaten Banjar yang melek aksara yaitu 407.954 orang pada 2016 meningkat pada 2017 menjadi 540.404 orang dan pada 2018 menjadi 546.320 orang.

Kesejahteraan para guru di Kabupaten Banjar juga terus ditingkatkan dengan pemberian insentif. Para guru PAUD (Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Pendidikan Al Quran, Satuan Paud Sejenis) non PNS, Meskipun saat ini baru mampu memberikan insentif kepada 750 orang guru dari 1.606 orang guru PAUD yang ada di Kabupaten Banjar. Selain itu insentif juga diberikan kepada para guru yang berada di daerah terpencil serta guru inkusi.

Dinas Pendidikan juga melakukan uji kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan melalui berbagai kegiatan antara lain, uji kompetensi untuk kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS), Bimtek pembuatan soal ujian mata pelajaran yang termasuk di UASBN serta melaksanakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru TK, SD dan SMP yang nilai ujian kompetensinya masih di bawah standard. (*****)

 164 total views,  2 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.