Duet Kepemimpinan Sahbirin-Rudy Toreh Banyak Prestasi dan Penghargaan

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor (Kanan) dan Wakil Gubernur H. Rudy Resnawan (Kiri), (Foto : Istimewa)

Banjarmasin, mediaprospek.com–TAHUN terakhir masa pemerintahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan pada periode 2016-2021 ini dalam membangun Provinsi Kalimantan Selatan, dinilai telah banyak meraih penghargaan dan keberhasilan. Dengan sejumlah prestasi yang diraih pemerintahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama Wakil Gubernur Rudy Resnawan, tentunya pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) dalam mewujudkan Kalsel mandiri, terdepan (Mapan), lebih sejahtera, berkeadilan, berdikari dan berdaya saing sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel 2016-2021 sudah berjalan sesuai koridor.

Selama duet kepemimpinan H Sahbirin Noor dan H Rudy Resnawan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemprov Kalsel semakin bertabur prestasi nasional. Setidaknya hal tersebut tergambar dari banyaknya prestasi nasional yang telah diraih selam lima tahun berjalan ini.

Beberapa penghargaan tersebut adalah Pertama, Dwija Praja Nugraha, dianugerahkan kepada Gubernur H Sahbirin Noor sebagai kepala daerah yang dinilai memiliki kepedulian dalam memajukan pembangunan pendidikan di daerah.

Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Cibinong Jawa Barat, 1 Desember tahun lalu.
Penghargaan Kedua dari Kementerian Ketenagakerjaan sebagai provinsi terbaik Kategori Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan dan Pelatihan Kompetensi Kerja 2018. Penghargaan diserahkan Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri kepada Wakil Gubernur H Rudy Resnawan, pada 19 November 2018.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menerima penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Penghargaan ini merupakan ketiga kalinya diterima secara berturut-turut sejak menjabat Gubernur Kalsel. Penghargaan tersebut diterima Wakil Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Penghargaan yang diterima merupakan apresiasi atas prestasi Gubernur Kalsel dalam melakukan pembinaan dalam menekan angka kecelakaan kerja serta memperbaiki sistem manajemen kerja di Kalimantan Selatan.
Tahun 2019 ini, terdapat 104 perusahaan, meningkat dari jumlah tahun lalu dengan jumlah 89 perusahaan. “Dari 104 perusahaan tersebut sebanyak 84 perusahaan telah menerapkan manajemen K3 dan nihil kecelakaan kerja, serta 20 perusahaan yang telah melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS,” ucapnya.

Penghargaan ketiga dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas komitmen Pemprov Kalsel dalam merespon pengaduan dan aspirasi rakyat melalui penerapan Aplikasi Lapor Paman yang terintegrasi dengan Aplikasi Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Rakyat). Lapor Paman berhasil masuk dalam Daftar TOP 25 Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) 2018.

Penghargaan keempat, Bhumandala Award 2018 dari Badan Informasi Geospasial (BIG) diserahkan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, kepada Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Heriansyah mewakili Gubernur Sahbirin Noor, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (11/12/2018) lalu.

Prestasi nasional kelima adalah dinobatkannya Pemprov Kalsel sebagai provinsi pembina terbaik Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Pemprov Kalsel dinilai berhasil membina Kabupaten Kota Peduli dan Cukup Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).
Dalam menekan penurunan angka stunting dan kematian ibu dan bayi, terbukti Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel ini banyak melakukan terobosan.

Seperti Pemprov Kalsel dengan gerakan Revolusi Hijau juga meraih Penghargaan Meidyatama Suryodiningrat, program ini berhasil menghijaukan dan mengurangi lahan kritis di Kalsel dan mendapat penilaian positif dari pemerintah pusat.

Dalam pengelolaan keuangan, era Paman Birin justru Pemprov Kalsel mendapat enam kali opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Hal ini memberikan gambaran tata kelola keuangan daerah lebih tertib dan rapi sesuai aturan.

Paman Birin Terima Penghargaan Menkeu
Ditekankan Paman Birin, meski Pemprov Kalsel telah berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keenam kalinya secara berturut turut sejak tahun 2013 dan penghargaan Menkeu sebagai apresiasi bagi daerah yang telah berhasil mempertahankan penghargaan WTP, bukan berarti mengurangi atensi untuk taat aturan.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, memberikan penghargaan kepada delapan Gubernur di Indonesia. Salah satunya, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, atas keberhasilan Pemprov dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama enam kali berturut-turut sejak 2013 sampai dengan 2019 ini.

Berkat perhatian luar biasa pimpinan daerah, Pemprov Kalsel berhasil melewati masa krusial tersebut dengan menempatkan tata kelola keuangan dan aset menjadi salah satu bidang kerja terpenting untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi pemerintah daerah.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor Terima Penghargaan Pembina Olahraga Berprestasi
Gubernur Kalsel dinilai memiliki komitmen luar biasa dalam upaya mengalokasikan anggaran daerah untuk kemajuan dan peningkatan prestasi olahraga di daerah, maupun mendukung event olahraga nasional. Gubernur Sahbirin Noor menjadi satu-satunya Gubernur di Indonesia yang mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pembina olahraga berprestasi nasional tahun 2018.

Dalam masalah lingkungan Gubernur Kalsel beberapa tahun yang lalu juga meraih Penghargaan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Hj Siti Nurbaya. Kebanggan ini juga patut dirasakan oleh masyarakat Kalsel dan bangga memiliki sosok kepala derah yang terus memberikan program nyata dalam melestarikan lingkungan dan kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Bertempat di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bertepatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2017 lalu yang dihadiri Presiden Joko Widodo, nama Gubernur Kalsel itu tercatat satu-satunya nama kepala daerah tingkat provinsi di Pulau Kalimantan yang mendapatkan penghargaan.

Dijelaskan, Menteri LHK Siti Nurbaya, kepala daerah yang mendapatkan penghargaan baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota adalah mereka yang selama ini memberikan keteladanan nyata dalam mendorong bagi upaya kelestarian lingkungan.

Kalsel Masuk Nominasi Penghargaan Nirwasita Tantra 2019
Penilaian Nirwasita Tantra tahun 2019 memasuki tahap akhir. Penilaian yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta selama dua hari, sejak 12- 13 Agustus 2019 lalu.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan pemerintah untuk kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Gubernur menjelaskan bahwa indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) di Kalsel naik dari naik dari 57,51 menjadi 60 dan posisinya meningkat dari peringkat 26 menjadi 19 dari 34 provinsi di Indonesia.
“Program ini diusung pemerintah provinsi dalam upaya gerakan menanam menaman dan menanam untuk anak cucu kita, seluruh unsur lapisan masyarakat kita upayakan untuk gemar menanam dan gerakan tersebut juga didukung dengan diterbitkannya Perda Kalsel Nomor 7 Tahun 2018,” ujar Paman Birin.

Kalsel Dapat Penghargaan Satyalancana Pembangunan
Dinas Koperasi dan UKM Kalsel mendapat Penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo, yang diserahkan bertepatan dengan Hari Koperasi ke 71 Tahun 2018 lalu.
Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengapresiasi kinerja terukur Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, atas prestasi nasional hingga mengharumkan Banua.

Selain itu Paman Birin, juga mengungkapkan apresiasasi keberhasilan inovasi dari RSUD Ulin yang masuk dalam Top 90 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Gubernur Kalsel Raih Penghargaan “Appreciation Day 2017” dari Kemensos RI
Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, juga meraih penghargaan dari Kementerian. Penghargaan datang dari Kementerian Sosial RI sebagai provinsi dengan dana sharing APBD tertinggi untuk PKH tahun 2017. Atas kebijkannya tersebut, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor selaku pembina instansi daerah, dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di Kalimantan Selatan.

Bentuk dukungan tersebut adalah bersama lembaga legislatif dan satuan kerja perangkat daerah mengalokasikan dana sharing terbesar pendamping alokasi anggaran pusat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2017 lalu.

Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Bidang Peduli Kependudukan Pemerintah melalui Badan Koordinasi Keluarga Nasional (BKKBN), memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan istri selaku Ketua PKK Kalsel. Penghargaan diberikan atas darma bakti yang besar dalam kepemimpinan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, dalam sebuah acara ramah tamah di kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Jl Bumi Beringin, Kota Manado, beberapa waktu yang lalu.

Presiden RI Joko Widodo juga memberikan Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan yang diterima oleh Gubernur Kalsel. Penghargaan ini merupakan keberhasilan membangun perekonomiann masyarakat melalui koperasi dan UKM dengan mengalokasikan APBD untuk pemberdayaan koperasi dan UK, pemberian bantuan sarana usaha pemasaran melalui koperasi, revitalisasi pasar tradisional kinerja, pemasaran melalui koperasi, penataan sarana usaha PT dan toko koperasi/ritel modern UKM Mart dan membentuk UMKM Online antara Pemprov Kalsel dengan PT BNI sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berhasilnya kawasan Pegunungan Meratus menjadi Geopark Nasional. Ada 36 geosite dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan yang akan menjadi bagian dari Geopark Pegunungan Meratus. Di antaranya, Tahura Sultan Adam, Goa Batu Hapu, Bukit Kayangan, dan Air Panas Batumandi. Total luasan Geopark Pegunungan Meratus mencapai 328,034 kali 9,691,948 meter.

Dan di tahun 2019 ini, sejumlah program pun telah siap dikerjakan. Seperti menjadikan eks kawasan perkantoran Pemprov Kalsel di Jalan Sudirman Banjarmasin menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pekerjaan lanjutan lainnya, yakni jalan bebas hambatan Batulicin-Banjarbaru, pemugaran kawasan Datu Kelampayan, hingga pembangunan Kawasan Industri Mekar Putih di Kotabaru. Juga akan dioperasionalkannya Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula.
Di sektor pertanian pun akan menjadi prioritas Pemprov. Kembali dibuka 10 ribu hektar lahan pertanian, setelah sebelumnya dibuka 4 ribu hektar lahan di Jejangkit.

Sejumlah proyek strategis Pemprov Kalsel lainnya yakni jembatan Pulau Laut, Pusat Distribusi Regional, KEK Pariwisata Riam Kanan, Kiram dan sekitarnya, KEK Pariwisata Loksado, Floating Market dan Wisata Budaya Banjar, Pembangunan Sport City, Bendungan Riam Kiwa, dan Aero City Syamsudin Noor. Dan saat ini renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin. Keberadaan stadion ini sangat penting yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Kalsel bahkan Kalimantan secara umum.

Gubernur Kalsel Terima Ki Hajar Dewantara Award 2017
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor juga menerima penghargaan Ki Hajar Dewantara Award pada tahun 2017 lalu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan diberikan atas kepeduliannya mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan. Ini merupakan bentuk nyata dukungan nyata kepala daerah dalam perluasan akses pendidikan yang berkualitas dengan mendayagunakan teknologi informasi komunikasi bagi dunia pendidikan. (**************)

 1,538 total views,  1 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.