APBD Perubahan Harus Dapat Menyajikan Informasi dan Mudah diakses Masyarakat

 

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pemandangan Umum yang disampaikan oleh ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Prov Kalsel, Drs. Muharram melalui sekretaris Fraksi Gerindra Hj. Mariana, S.AB, MM terhadap Raperda Perubahan APBD Prov Kalsel TA 2019, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa APBD perubahan yang disusun harus dapat menyajikan informasi secara terbuka dan mudah diakses oleh masyarakat meliputi tujuan, sasaran, sumber pendanaan pada setiap belanja serta korelasi antara besaran anggaran dengan manfaat hasil yang ingin dicapai dari suatu kegiatan yang dianggarkan. Senin, (12/8/2019).


“Oleh karena itu, setiap pengguna anggaran harus bertanggungjawab terhadap penggunaan sumber daya yang dikelola untuk mencapai hasil yang ditetapkan dengan mengacu dan berpedoman pada ketentuan dan peraturan perundang undangan yang berlaku,” kata Hj. Mariana.

“Dana yang tersedia harus dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas anggaran dalam perencanaan anggaran perlu memperhatikan tujuan, sasaran, hasil dan manfaat, serta indikator kinerja yang ingin dicapai juga penetapan prioritas kegiatan dan penghitungan beban kerja, serta penetapan harga satuan yang rasional,” ujarnya.

“Belanja dalam rangka penyelenggaraan urusan wajib digunakan untuk melindungi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam upaya memenuhi kewajiban daerah yang diwujudkan dalam bentuk peningkatan pelayanan dasaft, pendidikan, kesehatan, fasilitas sosial dan fasilitas umum yang layak serta mengembangkan sistem jaminan sosial yang akurat. Berorientasi pada pencapaian hasil dari input yang direncanakan secara terukur yang diikuti dengan peningkatan kinerja pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (Ais/Mzr)

 170 total views,  2 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.