Para Pejuang Veteran Banjarmasin Inginkan Gedung Juang Yang Baru

Salah seorang Pejuang Veteran Abdul Slamet (68 Tahun)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Salah seorang Pejuang Veteran Abdul Slamet (68 Tahun), yang lahir pada tanggal 8 bulan Juli tahun 1951, mengatakan bahwa inti dalam peringatan ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang di gelar Pemko Banjarmasin di halaman siring, mengatakan bahwa Para Pejuang Veteran itu memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Dan Untuk generasi muda sebagai generasi penerus adalah mengisi kemerdekaan itu sendiri. Sabtu, (17/8/2019).

Para Pejuang Veteran Banjarmasin, Kalsel ketika sebelum mengikuti acara peringatan detik-detik HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang di gelar Pemko Banjarmasin di halaman Siring Pemko Banjarmasin

Slamet mengatakan bahwa untuk sifat-sifat kejuangan generasi muda tirulah generasi pendahulu yaitu para pejuang-pejuang dahulu yang mempertahankan kemudian sampai Indonesia ini bisa merdeka.

Dijelaskan Slamet bahwa Veteran itu ada lima, di antaranya yaitu ada Veteran PKRI yang kelahiran tahun 1945, Veteran Pembela, seperti yang bertugas di Timur-Timur, Kalimantan Utara serta yang bertugas pembebasan di Malayasia dan Veteran PBB serta ada Veteran tapi janda Veteran yang Bapaknya dulu adalah Pejuang Veteran tapi ibunya yang menerima veteran tadi.

“Saya di Tahun 1975 waktu itu saya pembela di Timur-Timur (TimTim_red). Di tahun 1975 itu kami-kami semua sudah bertugas di TimTim. Waktu itu Batalyon yang pertama yang baru dari kalimantan berangkat ke TimTim, Kalimantan 600 R (Riders) Linud namanya, “ungkap Slamet.

Kepada generasi muda, generasi penerus, Slamet berpesan bahwasanya dengan kemerdekaan ini generasi muda untuk mengisinya bagaimana bangsa kita ini untuk lebih maju, Sumber Daya Manusia (SDM) nya unggul dan bisa sejajar dengan bangsa-bangsa yang lain, intinya seperti itu, kata Slamet.

Ketika ditanyakan bagaimana perhatian Pemerintah Kota sendiri terhadap para pejuang veteran ini. Slamet menjelaskan bahwasanya untuk Pemko Banjarmasin, “Alhamdulillah perhatiannya cukup besar, tetapi dirinya dan para veteran lainnya sangat mengidam-idamkan adanya gedung juang veteran yang baru, harapannya agar supaya Pemko Banjarmasin bisa mewujudkan Gedung Juang ­Veteran khusus untuk Kota Banjarmasin.

“Sampai saat ini kan masih di Pasar Cempaka, kasihan para veteran yang sudah tua-tua masih harus naik  ke pasar menuju gedung juang tersebut, “ungkap Slamet.

“Jadi, harapannya kepada Pemda setempat supaya bisa membangunkan Gedung Juang yang baru, karena di tiap-tiap Provinsi dan di Kabupaten kan ada Gedung Juangnya, “katanya.

Ditambahkan Slamet, dari pemerintah pusat bahwasanya para pejuang veteran ini memang mendapat gaji dan tunjangan dari pemerintah, itu ada tiap bulannya menerima.  “Di samping kami menerima gaji pensiunan, gaji veteran untuk tunjangan juga ada, “ujar Slamet. (Ais/Mzr)

 543 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.