Komplek Subur Bastari Handil Bakti Sembelih Dua Ekor Sapi

Banjarmasin, mediaprospek.com– Pada tahun 2019 ini adalah tahun yang sangat membahagiakan bagi warga RT  8 (Delapan) Komplek Subur Bastari Handil Bakti, Kelurahan Semangat Dalam, Kabupaten Barito Kuala. Hal ini dikarenakan, Komplek Subur Bastari yang biasanya rutin setiap tahunnya, hanya menyembelih satu ekor sapi dan satu ekor kambing, sekarang ada peningkatan jumlah hewan Qurban yang disembelih. Pada hari ini Minggu (11/8) pagi atau pada hari Raya Idul Adha setelah sholat Ied, warga secara bersama-sama berkumpul bergotong royong, menyembelih dua ekor sapi dekat halaman rumah ketua RT. Diketahui untuk jumlah warga Komplek Subur Bastari ini kepala keluarga (KK) nya tidak sampai 100 KK.

Ketua RT 8 Komplek Subur Bastari, Ujang Udadi, mengucapkan rasa syukurnya karena kegiatan hari ini adalah yang penting, menurutnya, persatuan dan kesatuan serta kebersamaan warga, Ia selaku Ketua Panitia, ujarnya, “Bagi yang ingin berqurban akan kita terima dan dagingnya akan kita bagikan untuk warga komplek dan sekitarnya dan juga warga luar komplek. Dan pada tahun ini kita mendapat sumbangan satu ekor sapi dari warga yaitu dari Ahmad Yunani sekeluarga dan satu ekor sapi lagi dari komplek kita sendiri,” katanya.

“Tahun ini ada peningkatan, yang biasanya minimal satu ekor sapi dan satu ekor kambing, sekarang ada dua ekor sapi,” ujar Ketua RT ini.

Ahmad Yunani yang sudah di kenal warga yang rutin berqurban setiap tahunnya mengatakan, bahwa kegiatan penyembelihan sapi qurban pada hari ini adalah merupakan wujud kebersamaan dan rasa syukur warga, di mana warga disini sangat kompak. “Dan pada tahun kemaren biasanya kita menyembelih satu ekor sapi dan satu ekor kambing, namun pada hari ini kita ada peningkatan  dengan menyembelih dua ekor sapi. Insya Allah Semoga pada tahun depan akan semakin baik dan semakin meningkat,” kata Yunani sapaan akrab Dr. Ahmad Yunani salah satu Dosen pengajar di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

“Warga Komplek Subur Bastari ini seperti pada umumnya juga melakukan arisan Qurban, dengan setoran cicilan setiap orangnya, sekitar kurang lebih Rp. 1,5 juta. Warga menyetor sesuai dengan kemampuan, bisa dengan dicicil atau bisa juga disetor tunai,” kata Yunani.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini, warga akan semakin bagus dan semakin kompak dalam kebersamaan, dalam menjalin silaturahmi,” ujar Yunani.

“Daging qurban akan dibagikan ke masyarakat sekitar dan  masyarakat yang membutuhkan, di mana sudah ada kupon yang dibagikan oleh pihak panitia dan bagi yang belum mendapat daging qurban bisa menghubungi dirinya, tentunya selama dagingnya masih ada akan kita berikan,” kelakar Yunani.

Salah satu warga, sebut saja Marsidi, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat menyenangkan dirinya dan diakuinya semangat kegotong royongannya di Komplek Subur ini sangat tinggi, sehingga bila mengerjakannya secara beramai-ramai akan menambah dan menguatkan rasa tali persaudaraan. Dan harapannya semoga tahun depan akan bisa seperti ini lagi dan lebih banyak lagi yang berkurban, harapnya.

Kegiatan pada hari ini juga disponsori oleh minuman energi Bejo Jahe Merah dari Bintang Toejoe, di mana pihak panitia mendapat baju kaos Bejo Jahe Merah, dua buah spanduk dan serta kelengkapan lainnya untuk mendukung kelancaran pembagian daging qurban.

Penyembelihan hewan kurban ini, dilakukan langsung oleh Ustadz Komplek Subur Bastari sendiri Sa’dillah, S.Ag, usai daging qurban dipotong-potong oleh warga dan siap dibagikan> Acara dilanjutkan dengan makan bersama di rumah Ketua RT, sambil membagikan daging qurban, bagi warga yang ingin mengambil daging Qurban dan sorenya kembali lagi acara makan bersama di tempat rumah Yunani. (Ais/Mzr/tabloid prospek).

 373 total views,  5 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.