Dispora Prov. Kalsel Selenggarakan Pelatihan Paskibra Tahun 2019 di Banjarbaru

 

Banjarmasin, mediaprospek.coom—-Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Prov. Kalsel pada tahun 2019 ini kembali menggelar pelatihan rutin Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk peringatan hari ke 74 kemerdekaan Proklamasi Republik Indonesia. Paskibra ini akan mengibarkan bendera merah putih di halaman Kantor Gubernur Banjarbaru. Melalui seleksi dan mengikuti test latihan yang sangat berat dan melelahkan,  terpilihlah 39 generasi-generasi muda terbaik dari seluruh kabupaten/kota se-Kalsel. Kadispora Prov. Kalsel Drs. H. Hermansyah, M.Si mengatakan hal itu kepada para wartawan usai membuka pelatihan Paskibra di Aula Bapelkes Banjarbaru, Rabu (31/7/2019), Pagi.

“Alhamdulillah mereka sudah terpilih, kami yakin mereka bisa bertugas dengan baik, mengikuti pelatihan-pelatihan dan kita berharap mereka akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya, sehingga pada saat peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus ditingkat Provinsi Kalsel tidak ada kesalahan sedikitpun,” kata Hermansyah.

“Jadi pelatihan ini, selama beberapa hari ini sampai dengan tanggal 16 Agustus, mereka mengikuti pelatihan yang sangat padat, baik itu pelatihan baris-berbaris, mental maupun pelatihan-pelatihan atau pembekalan-pembekalan lainnya,” ujar Hermansyah .

“Dengan pembekalan-pembekalan itu diharapkan, semangat patriotisme bisa tumbuh. Kemudian semangat kebersamaan menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga pada saat kegiatan atau pelaksanaan nanti bisa menjadi yang terbaik,” tandas Hermansyah.

“Dan untuk yang dikirim ke Jakarta, kemarin mereka kami serahkan ke Cibubur tempat pelatihan Paskibraka tingkat nasional. Ada dua orang dari kalsel yakni Muhammad Asri Maulana dari SMAN 1 Kab. HSS (laki-Laki) dan Gusti Putri Dayana Sifa Dalfa dari SMAN 1 Simpang Empat, Kab. Tanah Bumbu (Perempuan). Kita antar secara resmi dan diserahkan kepada pelatih di sana dan mereka saat ini memasuki penggodokan, mudah-mudahan mereka di sana bisa menjadi yang terbaik, bisa membawa harum nama Kalsel,” harapnya.

Sementera itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Provinsi Kalsel, Heru Susmianto mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menumbuhkan semangat dan jiwa patriotisme serta pemahaman nilai-nilai luhur bangsa indonesia yang terdapat pada pancasila, undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945. Serta Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dalam berbagai aspek pengembangan dan perluasan wawasan, memperkuat rasa nasionalisme, kebangsaan dan cinta tanah air,” ucapnya.

“Adapun kriteria terbaik bagi mereka yang bisa di kirim ke Jakarta, dimana Dispora Prov. Kalsel sudah membentuk Tim Panitia Seleksi Penyiapan Paskibra yang terdiri dari beberapa unsur termasuk pelatih dilibatkan, dari psikologi, kesenian, siswa-siswa terbaik ini diharuskan menampilkan kemampuan-kemampuan terbaik mereka secara perorangan, seperti misalnya bisa berbahasa Inggeris dan menampilkan kemampuan-kemampuan yang lainnya. Secara fisik mereka juga harus memenuhi persyaratan administrasi tinggi dan berat badan serta kesehatan,” kata Heru.

“Sebelumnya di awal-awal kami sudah menyeleksi dengan menyurati se Kab/Kota untuk mengirimkan calon Paskibra Provinsi dan Nasional. Jadi seleksinya secara bersamaan. Sedangkan untuk seleksi Provinsi, setiap Kabupaten dipinta sebanyak enam orang atau tiga pasang, kecuali untuk kota Banjarmasin, karena kuota SMA nya lebih banyak, sehingga berjumlah 12 orang atau enam pasang,”, jelas Heru.

“Jumlah Paskibra yang kita terima ini adalah sebanyak 39 orang yang terdiri dari 19 putri dan 20 putra ditambah 2 (dua) orang untuk nasional, jadi semuanya berjumlah 41 orang,” beber Heru.

Pola Untuk Paskibra di Istana memakai pola 17-8-45. Kuota di nasional yang diterima untuk seluruh Indonesia masing-masing provinsi 2 orang dikali 34 provinsi berjumlah 68 orang. “Sedangkan untuk di provinsi hanya 39 saja, Pasukan kita tidak menggunakan pola 17-8-45. Delapannya mungkin kita gunakan untuk yang pengibarnya, tapi 45 nya tidak kita gunakan, karena terlalu besar biayanya dan anggaran kita terbatas,” ungkap Heru. (Ais/Mzakir/tabloid prospek)

 

 469 total views,  3 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.