TBM dan Masyarakat Antisipasi Bahaya Kebakaran

 Banjarmasin, mediaprospek.com–Memasuki musim kemarau antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Tribuana Mas (TBM) yang berlokasi di kawasan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

PT TBM bersama dengan masyarakat membentuk kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) yang dibentuk sejak 2016 lalu untuk aktivitas pencegahan kebakaran di 16 desa dalam tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batola, Tapin, dan Hulu Sungai Utara.

Kegiatan ini meliputi program mempertahankan sumber – sumber air di sepanjang batas parameter  dan area – area rawan, pembentukan nelayan siaga api, dan gembala kerbau siaga api. Kegiatan ini bekerjasama dengan Polri, TNI, Manggala Agni, BPBD, Damkar Tapin, Pemerintah Desa, Kabupaten, dan Provinsi.

Maskuni Ketua MPA Desa Paminggir, Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara mengatakan, “Saya yakin dan optimis dengan apa yang sudah kami lakukan bersama pihak TBM,” Berdasarkan dari pengalaman menurutnya bahwa minimnya sumber air menjadi kendala dalam proses pemadaman api. Sehingga untuk mengantisipasi hal itu tahun ini disiapkan drum – drum sumber air di titik rawan kebakaran. Selain itu  sungai – sungai di banjiri agar dapat menyimpan air di musim kemarau.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Syahril ketua MPA desa Balukung yang juga menjabat sebagai kepala desa. “Astra Agro adalah bukti nyata betapa serius perusahaan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran,” ujarnya. Menurutnya, hal tersebut dibuktikan dengan adanya pembinaan, pelatihan serta bantuan alat antisipasi kebakaran ke desa – desa.

Dukungan positif juga datang dari Kapolsek Candi Laras utara, Ipda Indra Wahyu Wibowo yang sudah beberapa kali melakukan kunjungan kerja dan patroli bersama. “Sangat jarang ada perusahaan yang mau berfikir keras sampai sejauh itu untuk antisipasi kebakaran,”  ucapnya.

Indra menambahkan bahwa pencegahan, pengawasan, dan pembinaan yang dilakukan merupakan salah satu bukti betapa seriusnya perusahaan dalam rangka menciptakan Indonesia bebas api.(***/Mrs/Mzr)

 208 total views,  4 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.