Usulan Raperda merupakan Bentuk Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak­Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin di Kalsel

Banjarmasin, mediaprospek.com–Jawaban Komisi IV atas Pandangan Fraksi Terhadap Usulan Raperda Tentang Perlindungan Terhadap Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin yang disampaikan oleh H. Haryanto, SE, pada rapat paripurna, di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa usulan Raperda Tentang Perlindungan Anak­Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu, dan Anak Fakir Miskin ini merupakan bentuk perlindungan dan pemenuhan hak Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu, dan Anak Fakir Miskin di Provinsi Kalimantan Selatan. Senin, (1/7).

Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin membutuhkan rasa aman, dihargai dan diakui keberadaannya sebagai individu, juga membutuhkan pengakuan sebagai makhluk sosial yang bisa diterima dan dapat berfungsi sosial di masyarakat.

Haryanto mengatakan bahwa selaku inisiator Raperda Tentang Perlindungan Terhadap HakAnak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu tentu sangat memperhatikan harapan dan pesan yang termuat dalam pandangan umum yang disampaikan oleh Fraksi-Fraksi di DPRD, diantaranya, Partai Gerindra, yang menginginkan agar melalui Raperda ini pertama, Pemerintah daerah, orang tua, keluarga, masyarakat hadir untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu.

Kedua, Pengarusutamaan hak Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu adalah strategi perlindungan terhadap anak dengan mengintegrasikan hak anak kedalam setiap kegiatan pembangunan yang sejak penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari berbagai peraturan perundang-undangan, kebijakan, program dan kegiatan dengan menerapkan prinsip kepentingan terbaik bagi anak. Ketiga, Raperda yang dibuat perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat Kalimantan Selatan.

Semua Partai menyambut baik Raperda tersebut di antaranya, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang menyambut baik Raperda Tentang Perlindungan Terhadap Hak Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan selanjutnya menyerahkan kepada Pansus untuk pembahasan selanjutnya.
Partai Golongan Karya (GOLKAR), yang menyambut baik Raperda Tentang Perlindungan Terhadap Hak Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan dalam pembahasan Raperda ini nantinya didukung oleh penelitian yang dituangkan dalam Naskah Akademik yang memuat data kualitatif dan kuantitatif. (Ais/mzr/tabloid prospek).

 363 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.