Retribusi Jasa Usaha Berikan Kontribusi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Banjarmasin, mediaprospek.com–Tanggapan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Prov Kalsel Terhadap 2 (Dua) Buah Raperda Prov Kalsel tentang Raperda Tentang Perubahan Keempat atas Perda Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Usaha yang disampaikan oleh Iskandar Zulkarnain, pada sidang rapat paripurna, dihadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa PAD (Pendapatan Asli Daerah) memberikan kontribusi yang tinggi terhadap realisasi APBD kita, yaitu sebesar 54 %, yaitu sekitar 3,57 triliun rupiah, suatu keberhasilan yang tentunya patut disyukuri. Kamis (4/7) pagi.


“Salah satu komponen penting dari PAD itu adalah retribusi daerah yang bentuknya antara lain retribusi jasa usaha, yang hari ini kita bicarakan rancangan perubahan ke-empat peraturan daerahnya, “ujar Iskandar.
“Tentang retribusi jasa usaha disebutkan dalam pasal 126, objek retribusi jasa usaha adalah pelayanan yang disediakan oleh pemerintah daerah dengan menganut prinsip komersial yang meliputi pelayanan dengan menggunakan/memanfaatkan kekayaan daerah yang belum dimanfaatkan secara optimal dan/atau pelayanan oleh pemerintah daerah sepanjang belum disediakan secara memadai oleh pihak swasta,” kata Iskandar.

“Prinsip komersial harus selalu kita jaga dalam pemberian jasa usaha yang disediakan, tetapi bukan berarti kita lalu seenaknya mematok tarif tinggi, agar bisa mendapatkan hasil pendapatan daerah yang tinggi, sebab itu bisa menyebabkan pelayanan yang kita berikan menjadi tidak laku, sehingga keinginan mendapatkan hasil untuk peningkatan PAD demi kemandirian daerah justru tidak tercapai. Namun juga tidak boleh terlalu murah, karena akan merusak iklim persaingan usaha yang sehat, yang pada gilirannya akan merusak perekonomian daerah kita sendiri,” ungkap Iskandar. (Mzr)

 296 total views,  1 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.