Penting bagi Kalsel Buat Regulasi Khusus Mengatur tentang Perlindungan Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin dalam Bentuk Perda

Banjarmasin, mediaprospek.com– Penjelasan Komisi IV atas Usul Inisiatif Raperda Tentang Perlindungan Terhadap Anak-Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Misikin, yang disampaikan oleh Zulfa Asma Vikra, SH, MH, Senin, (1/7) pada rapat paripurna di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa, penting bagi Provinsi Kalimantan Selatan untuk membuat regulasi yang secara khusus mengatur tentang perlindungan anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu dan anak fakir miskin yang dituangkan dalam peraturan daerah.


Pemerintah telah menetapkan kebijakan hukum perlindungan terhadap anak, termasuk anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu dan anak fakir miskin, yang dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang­Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Undang-undang ini menjelaskan bahwa Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi Anak dan hak-­haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,”, ujar Vikra.

Vikra mengatakan bahwa beberapa aspek penting yang diatur di dalam peraturan daerah ini antara lain, Pertama, Hak dan kewajiban anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin. Kedua, Perencanaan, penyelenggaraan perlindungan anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin, Ketiga, Peran masyarakat, Keempat, Pemantauan dan Evaluasi, Kelima, Pelaporan, Keenam, Pendanaan, Ketujuh, Pembinaan dan Pengawasan.

Bahwa berdasarkan pertimbangan dan gambar di atas Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Selatan mengganggap perlu untuk membentuk Peraturan Daerah. tentang Perlindungan Anak Terlantar, Anak jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin sebagai usul inisiatif kami untuk disampaikan dalam rapat paripurna dewan.
Pelaksanaan perlindungan anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin merupakan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anakterlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin dan hak-haknya untuk :
A. Bertahan hidup, yaitu standar hidup yang layak, makanan bergizi, sandang, papan, pelayanan kesehatan, penghidupan yang layak, perlindungan dari segala bentuk kekerasan.

B. tumbuh kembang, yaitu memungkinkan anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan potensi, melalui pendidikan, bermain dan memanfaatkan waktu luang, aktifitas sosial budaya, dan akses terhadap informasi.

C. mendapatkan perlindungan, meliputi perlindungan dari kekerasan, ekploitasi dan diskriminasi, termasuk trafiking dan berpartisipasi, yaitu agar anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin di dengar pendapatnya dan dapat berperan aktif dalam komunitasnya, sesuai dengan potensi yang dimiliki terutama dalam berbagai hal yang menyangkut kepentingan terbaik bagi anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu, dan anak fakir miskin.

“Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan perlindungan anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu dan anak fakir miskin adalah untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak terlantar, anak jalanan, anak yatim piatu dan anak fakir msikin agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai denga harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera, katanya. (Tabloidprospek)

 538 total views,  3 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.