Diharapkan Dapat Memberi Solusi Permanen dengan Mengatasi dari Akar Masalahnya

Banjarmasin, mediaprospek.com–Jawaban Fraksi Partai Berhati Nurani (FPBN) atas Pendapat Gubernur Kalsel Terhadap Raperda Prov Kalsel Inisiatif Dewan Komisi IV Tentang Perlindungan Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin, yang disampaikan oleh Hj. Kamariatul Herlina, SE, Kamis, (4/7), pagi, pada saat rapat paripurna di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, mengatakan bahwa belajar dari pengalaman penanganan anak jalanan di kota kota besar, diperlukan langkah konkrit yang terkoordinir dan terintegrasi dengan menggunakan pendekatan humanis. Pendekatan selama ini yang dilakukan terhadap anak jalanan dilakukan melalui razia dan pendekatan hukum atau ketertiban masyarakat. Lebih dari itu yang lebih penting adalah memberi solusi permanen dengan mengatasi dari akar masalahnya.


Dalam UUD 1945 pasal 34 bahwa “fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara”. Apalagi telah gamblang disebutkan pada pasal 21 ayat (4) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan PP pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak mengatur bahwa Pemerintah Daerah bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan perlindungan anak di daerah.

Menanggapi jawaban Gubernur Kalimatan Selatan terhadap Raperda Inisiatif Komisi IV DPRD Propinsi Kalimatan Selatan Tentang Perlindungan Terhadap Anak Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu, dan Anak Fakir Miskin Fraksi kami menyampaikan sebagai berikut, pertama, “Bahwa fraksi kami memberikan apresiasi kepada Gubernur dan jajaran Pemprov Kalsel atas tanggapan positif diajukannya Raperda ini, “ujar Hj. Kamariatul.

Kedua, katanya, bahwa fraksi kami berpendapat Raperda ini dimaksudkan sebagai regulasi atau payung hukum untuk mencari solusi dari permasalahan penyelenggaraan perlindungan anak di daerah, khususnya di Kalimantan Selatan. Ketiga, bahwa F-PBN meminta kepada pemerintah Provinsi dan Kab/kota se Kalsel untuk memberikan anggaran yang memadai dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak di daerah, khususnya di Kalsel. (ais/mzrtabloid prospek)

 285 total views,  3 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.