Pemprov Kalsel Terus Berupaya Tingkatkan PAD Melalui Sektor Pajak dan Retribusi Daerah

 

Sekda Prov Kalsel. Drs. H. Abdul Haris, M.Si

 Banjarmasin, mediarospek.com–Jawaban/Penjelasan dan Tanggapan Gubernur Kalsel Terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Prov Kalsel atas Raperda Prov. Kalsel Tentang Laporan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Prov Kalsel Tahun Anggaran 2018 dan Raperda Tentang Dana Cadangan Pemilukada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020, yang disampaikan Sekda Prov Kalsel. Drs. H. Abdul Haris, M.Si pada rapat paripurna di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan serta yang mewakili unsur Forkopimda, Senin (17/6), siang, mengatakan bahwa berkenaan dengan tanggapan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berkaitan dengan pendapatan daerah,  “Kami sangat sependapat bahwa kita tidak boleh hanya berpuas diri dan berharap hanya dari pemerintah pusat dan pendapatan dari sumber daya alam. Karena itulah Pemprov. Kalsel terus berusaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui peningkatan pendapatan pajak dan retribusi daerah sesuai dengan potensi yang kita miliki,”, ujarnya.

Berkenaan dengan tanggapan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan yang berkaitan dengan pengeluaran atau belanja daerah, masalah belanja ini memang ada yang karena efisiensi serta ada juga kegiatan yang belum maksimal bisa dilaksanakan, “Namun dapat kami sampaikan bahwa surplus- sekitas 510 milyar itu juga diperolah dari pelampauan target pendapatan yang telah ditetapkan. Dan kedepannya kami akan lebih berhati hati dalam masalah perencanaan dan penganggaran agar realisasi belanja benar benar bisa efektif dan efisien,”, katanya.

Berkenaan dengan tanggapan yang disampaikan oleh Fraksi Golongan Karya, “Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Fraksi Partai Golkar atas pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan,”, ujarnya.

“Selanjutnya terkait pendapat Fraksi Partai Golkar terkait peningkatan daerah yang mesti kita opitimalkan lagi terutama yang berkaitan dengan pendapatan dana transfer dari pemerintah pusat kami sangat sependapat dan untuk mewujudkannnya kami sangat mengharapkan dukungan dari saudara saudara sekalian,”, tandasnya.

Mengenai posisi keuangan khususnya yang berkaitan dengan aset tetap dan penyusutannya, “Kami sependapat dengan Fraksi Partai Golkar bahwa aset harus dikelola dengan baik pelaksanaan pengelolaan aset mesti sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Dan untuk itu sekali lagi mengharapkan dukungan dari Saudara sekalian, “tandasnya.

Berkenaan dengan tanggapan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), “Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan dan kami juga mohon terus dukungannya agar kami dapat mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah kita capai bersama ini, “imbuhnya. (Ais/Mzr/tabloidprospek)

 188 total views,  2 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.