Fraksi PBN Harapkan Pemprov Agar lebih Maksimal Lagi untuk Tingkatkan PAD

 

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pemandangan Umum Fraksi Perubahan Berhati Nurani (F-PBN) DPRD Prov Kalsel Terhadap Raperda Prov Kalsel Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 dan Dana Cadangan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020,oleh Gt. Miftahul Chotimah, SE, pada rapat paripurna di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, senin (17/6), secara ringkas disampaikan bahwa, Pertama, Dilihat dari sisi kemampuan fiskal yang bersumber dari kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Total Pendapatan di tahun 2018 masih perlu terus kita tingkatkan.

“Fraksi kami mengharapkan adanya upaya yang lebih maksimal untuk lebih meningkatkannya lagi, apalagi jika melihat dari sisi potensi yang ada di Kalimantan Selatan, menurut hemat kami, angka-angka tersebut bisa jauh lebih dapat kita capai dan raih, jika seluruh jajaran dari Pemerintah Provinsi Kalimatan Selatan mau bekerja keras dan terus mencari terobosan baru, “ujarnya.

Kedua,  dengan adanya dana cadangan untuk pelaksanaan Pilkada Kalsel 2020 yang berupakan bersumber dari uang rakyat dan dianggarkan pada tahun 2019 ini, fraksi kami berharap pelaksanaan Pilkada Kalsel tahun 2020 lebih berkualitas, lancar, jujur dan adil dan membawa dampak positif bagi kemakmuran rakyat, khususnya di Kalsel.

Sebelumnya, setelah menyimak penjelasan Gubernur dan mempelajari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Kalimatan Selatan Tahun Anggaran 2018, “Maka fraksi kami mencermati beberapa hal yaitu, Pertama, Laporan realisasi pendapatan tahun anggaran 2018 sebesar Rp. 6.592.642.996.631,70 (enam trilyun lima ratus sembilan puluh dua milyar enam ratus empat puluh dua juta sembilan ratus sembilan puluh enam ribu enam ratus tiga puluh satu rupiah) atau 102,28 % dari target yang dianggarkan, yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Asli Daerah ini, terdiri dari Pandapatan pajak daerah, Pendapatan retribusi daerah, Pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan Lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Pendapatan Transfer dan Lain-Lain Pendapatan yang Sah, “katanya.

Sedangkan total belanja di tahun 2018 yang terdiri belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga terealisasi Rp. 4.834.254.324.592,21 (empat trilyun delapan ratus tiga puluh empat milyar dua ratus lima puluh empat juta tiga ratus dua puluh empat ribu lima ratus sembilan puluh dua rupiah dua puluh satu sen) atau 90.75% dari yang dianggarkan, yang terdiri dari  Belanja operasi, termasuk dalam Belanja Pegawai, belanja Barang, Belanja hibah, Belanja Bansos, Belanja Bantuan Keuangan, Belanja Modal, Belanja Tak Terduga, belanja Transfer bagi Hasil Pajak Ke Kabupaten / Kota.

Sedangkan pada sisi pembiayaan yaitu Penerimaan pembiayaan terealisasi sebesar Rp. 130.243.835.036,00 (seratus tiga puluh milyard dua ratus empat puluh tiga juta delapan ratus tiga puluh lima ribu rupiah tiga puluh enam sen) atau sebesar 100,23% dari yang dianggarkan dan Pengeluaran Pembiayaan, terelialisasi sebesar Rp. 0.

Kedua, Raperda Tentang Dana Cadangan Pemilu Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020.

Berkaitan dengan Dana Cadangan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020, telah diamanatkan pada Undang­-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang penetapan pengganti Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, “Pada dasarnya fraksi kami bisa memahaminya, agar mengurangi beban APBD Propinsi Tahun 2020 yang dana tersebut akan diberikan kepada penyelenggara pemilihan kepala daerah, dalam hal ini KPUD, Badan Pengawas serta pihak keamanan demi lancarnya Pilkada Kalimatan Selatan 2020,”, tandasnya. (Ais/Mzr/tabloidprospek).

 175 total views,  3 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.