Gubernur H. Sahbirin Noor : “Arti Bergerak Sama Artinya Anda Yakin Jadi Pemenang”

Dispora Prov. Kalsel Gelar Pekan Olahraga Mahasiswa Tahun 2019

 

Banjarmasin, mediaprospek.com–Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) Provinsi Kalimantan Sekatan tahun 2019 ini digelar dari tanggal 24-28 Juni 2019 resmi dibuka Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Hasanuddin HM, Senin (24/6) sore .

Sebelum menyampaikan sambutannya, Gubernur terlebih dulu mengajak para kontingen dan semua yang hadir untuk bernyanyi bersama untuk membakar semangat para peserta yang ikut dalam pertandingan POMDA ini.

Gubernur Sahbirin mengatakan bahwa Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Menurutnya,  “kalau kita ingin sejahtera, kalau kita semua tidak bergerak pasti lambat sejahtera. “Bergerak” secara arti harfiyah yang sangat sederhana sekali dalam bahasa Banjar, yang kita maksudkan dalam Bergerak adalah jangan pengoler sama dengan tidak malas, tidak malas itu sama dengan rajin. Rajin itu pangkal pandai, pandai itu pasti berkualitas. Berkualitas itu pasti berdaya saing. Kalau kita berkualitas, kalau kita berdaya saing, maka ketika kita bertanding, berlomba, bertempur, maka kita yakin akan menjadi pemenang, “katanya.

“Ini pastikan saja dalam kegiatan Pomda hari ini, kalau anda berkualitas, anda berdaya saing, saya yakin anda akan menjuarai, anda akan memenangkan setiap cabang yang anda kuasai dalam Pomda ini, “lanjut Gubernur.

Dalam sambutannya Gubernur berpesan kepada wasit berlakulah dengan jujur dan adil, demikian pula kepada para peserta yang mengikuti pertandingan jangan sampai berkelahian, karena menurut Gubernur tujuan olahraga adalah menciptakan generasi yang sportif, generasi sportif adalah generasi yang dekat dengan kejujuran, kejujuran itu membawa kesejahteraan.

“Jika seluruh ASN Pegawai Negeri jujur, tidak ada yang korupsi, saya yakin akan lebih mendekatkan kepada kesejahteraan, termasuk semua kegiatan yang kita lakukan dalam hidup dan kehidupan sesuai fungsi dan tugas kita masing-masing, apakah itu sebagai pegawai pemerintahan, pengusaha, pejabat, aktivis dan lainnya, “kata Gubernur Sahbirin.

Menandai dibukanya Pomda Kalsel 2019 maka secara simbolis dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Kalsel didampingi anggota Forkopimda Kalsel dan dilanjutkan dengan berpoto bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Kalsel, Drs. H. Hermansyah menjelaskan bahwa dalam Pomda Kalsel tahun 2019 ini diikuti sebanyak 28 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta se Kalsel dan sebanyak 1.200 atlit mahasiswa.  Medali yang diperebutkan berjumlah 497 buah, terdiri dari emas sebanyak 139 buah, perak 139 buah dan perunggu 219 buah.

Untuk Cabang Olahraga (cabor) yang dipertandingkan ada 10 cabor yang dilakukan di dua tempat yakni di kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Untuk yang di Banjarmasin ada 5 (lima) cabor yaitu Futsal, Gulat, Karate, Pencak Silat dan tenis lapangan. Sedangkan yang di Banjarbaru cabor yang dipertandingkan yaitu Anggar, Atletik, Bola Voli Pasir, Bulutangkis dan Renang.

Dalam kesempatan itu, Hermansyah menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi membantu hingga terselenggaranya acara dan juga terimakasih kepada Gubernur Sahbirin Noor yang berkenan hadir untuk memberikan pengarahan dan sekaligus membuka secara resmi POMDA Kalsel 2019.

Menurut Hermansyah, acara Pomda ini adalah ajang untuk mencari bibit-bibit berkualitas, khususnya di Mahasiswa dan ini merupakan pola pembinaan dari Dispora Kalsel sekaligus menjaring atlet-atlet yang berprestasi untuk disiapkan menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 di Jakarta dan mudah-mudahan dapat dilaksanakan setiap tahunnya paling tidak beberapa tahun sekali, mudah-mudahan olahraga kita semakin maju, harapnya.

“Ini merupakan persiapan untuk ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 di Jakarta. Nanti yang juara-juara ini akan kita kumpulkan dan mereka ini akan dilatih lagi agar mereka bisa berprestasi lagi, “ jelas Hermansyah. (Ais/mzr/tabloidprospek)

 1,137 total views,  2 views today

Check Also

Perjuangan Komisi IV Membuahkan Hasil

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin (Foto/Ist) Banjarmasin– Perjuangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.