Perekonomian Kalsel Triwulan I  Tumbuh 4,08 Persen

Kepala Badan Pusat Statisik (BPS) Prov. Kalsel, Ir. Diah Utami, M.Sc

Banjarmasin, mediaprospek.com– Perekonomian Kalimantan Selatan tahun 2019 triwulan I dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (y-on-y) tumbuh sebesar 4,08 persen.  Perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan I-2019 diukur dari besarnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai Rp 41,70 triliun.  Sementara itu, jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q), perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan I-2019 turun -5,57 persen. Kepala Badan Pusat Statisik (BPS) Prov. Kalsel, Ir. Diah Utami, M.Sc, mengatakan hal itu, pada saat jumpa Pers Bulanan, kepada para wartawan media cetak dan Eletronik, serta para undangan dari Perwakilan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemprov Kalsel di Aula kantor BPS, Senin (6/5), Siang.

Diah mengatakan bahwa dari sisi produksi, secara y-on-y triwulan I tahun 2019 kategori yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah kategori perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan terbesar terjadi pada komponen pengeluaran konsumsi LNPRT yang mencapai 11,83 persen.

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 8,20 persen diikuti oleh kategori administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 7,59 persen, dan kategori informasi dan komunikasi sebesar 7,07 persen,”, ujar Diah.

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I-2019 Terhadap Triwulan IV-2018 (q-to-q)

Sebagaimana siklus triwulanan dalam perekonomian Kalimantan Selatan, pada triwulan I-2019 ini, perekonomian Kalimantan Selatan masuk dalam zona kontraksi. Pada triwulan I-2019, ekonomi Kalimantan Selatan tumbuh -5,57 persen dibandingkan dengan triwulan IV-2018. Hal tersebut disebabkan lapangan usaha dominan di Kalimantan Selatan mengalami kontraksi, yaitu lapangan usaha pertanian, kehutanan, perikanan (-7,22%), ditambah dengan kategori lapangan usaha dominan lainnya yang juga mengalami konstraksi seperti pertambangan dan penggalian (-7,39%) dan industri pengolahan (-7,21%).

“Pada triwulan I-2019 Ekonomi Kalimantan Selatan tumbuh melambat sebesar 4,08 persen bila dibandingkan triwulan I-2018 (y-on-y). Pertumbuhan positif terjadi pada seluruh komponen pengeluaran kecuali komponen impor luar negeri. Komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) tumbuh 4,21 persen, pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (PKLNPRT) tumbuh 11,83 persen, dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh sebesar 7,96 persen,”, kata Diah.

“Untuk komponen perdagangan yang terdiri dari ekspor dan impor masing-masing tumbuh sebesar 3,37 persen dan 4,97 persen. Sementara itu jika dilihat berdasarkan komponen yang mendominasi, struktur ekonomi Kalimantan Selatan triwulan I-2019 menurut pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 50,41 persen, diikuti komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (25,26%), net ekspor (12,58%), dan Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (9,59 %),”, ujar Diah.  (BPS Prov Kalsel/Mzr)

 

 396 total views,  2 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.