Home / Polkam / Pencapaian Opini WTP, Keenam Kalinya Bagi Pemprov Kalsel

Pencapaian Opini WTP, Keenam Kalinya Bagi Pemprov Kalsel

Anggota VI BPK RI, Prof. Harry Azhar Aziz, MA, (P.Ect.D), P.H.D,

 Banjarmasin, mediaprospek.com–Anggota VI BPK RI, Prof. Harry Azhar Aziz, MA, (P.Ect.D), P.H.D, saat Rapat Sidang Paripurna pada agenda Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemprov Kalsel Tahun Anggaran 2018, di Aula gedung DPRD Kalsel di hadapan segenap anggota dewan dan para undangan, Selasa, (21/5), mengatakan bahwa Pencapaian opini WTP bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan adalah yang keenam kalinya. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerahnya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

Prof. Harry Azhar Aziz, mengatakan bahwa pencapaian itu tentunya dikarenakan sinergi yang baik antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan seluruh pemangku kepentingan tennasuk Badan Pemeriksa Keuangan agar kualitas laporan keuangan semakin meningkat.

“Namun demikian, BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang hendaknya menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, diantaranya,  pertama, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan agar segera melakukan inventarisasi jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang yang menjadi kewajiban bagi para pemegang ijin usaha pertambangan, serta memerintahkan para pemegang ijin usaha pertambangan untuk menempatkan jaminan tersebut sesuai ketentuan yang berlaku,”, ujarnya.

“Kami mengapresiasi usaha-usaha perbaikan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan atas Pengelolaan Keuangan Daerah TA 2018 yang sebagian besar sesuai dengan action plan yang dibuat oleh Gubernur Kalimantan Selatan, sehingga dalam LKPD Tahun 2018 terjadi perbaikan dalam penyajian laporan keuangan,”, katanya.

BPK RI akan tetap mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk lakukan upaya perbaikan berkelanjutan secara sistemik dan konsisten.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK berpendapat bahwa Laporan Keuangan Pemprov Kalsel tahun 2018 telah sesuai dengan SAP berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai dan telah menyusun dan merancang serta mengimplementasikan unsur-un­sur SPI secara efektif yakni lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan, tidak terdapat tidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material, serta pemeriksaan BPK teah dilakukan sesuai dengan SPKN, maka BPK RI memberikan opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018 adalah “WAJAR TANPA PENGECUALIAN atau WTP” (Ais/mzr/tabloidprospek)

 

 

 

 

 215 total views,  2 views today