Pemprov Sangat Serius Lakukan Pembinaan Olahraga di Kalsel

 

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor ketika memberikan sambutan pada pembukaan Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup 2019 yang berlangsung dari tanggal 22-25 April 2019 di GOR Borneo Komplek HKSN Banjarmasin.

 Banjarmasin, mediaprospek.com–  Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup 2019 yang berlangsung dari tanggal 22-25 April 2019 di GOR Borneo Komplek HKSN Banjarmasin itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor.

Festival Olahraga Pelajar (FOP) se Kalsel ini diikuti sebanyak 1.124 peserta dari 10 Kabupaten/Kota yang mempertandingkan 4 (empat) cabang olahraga yaitu cabang olahraga Futsal, Bulu Tangkis, Tenis meja dan Cabang Dance, yang diikuti pelajar SLTP dan SLTA se Prov Kalsel.

Dalam sambutannya Gubernur H. Sahbirin yang dikenal dengan Paman Birin, menjelaskan bahwa betapa pentingnya Olahraga ini, sebab Pemprov Kalsel sungguh sangat serius untuk terus melakukan pembinaan terhadap olahraga secara terus menerus dan berkesinambungan, salah satunya adalah Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2019 ini.

Sebelumnya juga digelar berbagai event olahraga yaitu Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2019, kemudian berbagai  kejuaraan Futsal dan olahraga lainnya.  “Saya sangat bangga berada di tengah-tengah para atlit yang siap untuk bertanding dan memberikan yang terbaik yang berkesempatan untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah masing-masing, “ucap Gubernur.

Lebih jauh Gubernur mengatakan bahwa olahraga tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tetapi juga dapat membentuk karakter para atlit yang secara tidak langsung  dapat membentuk  karakter bangsa. Dalam mewujudkannya, diperlukan kerjasama semua pihak, terutama para peserta, baik itu para atlit, official, panitia penyelenggara dan perangkat pertandingan dalam menjunjung tinggi sportifitas. Karena menurut Gubernur, dengan sportifitas festival olahraga ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat melahirkan juara sejati.

Gubernur juga berharap melalui penyelenggaraan Festival Olahraga Pelajar tingkat Prov Kalsel ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan serta akan terjaring bibit-bibit atlit pelajar yang potensial dan berbakat yang akan dibina lebih lanjut, sehingga berprestasi di tingkat nasional. “Saya sangat merindukan prestasi olahraga di Kalsel bisa lebih maju dan mampu bersaing dengan atlit-atlit lain di tingkat nasional. Untuk itu, mari kita jadikan Festival Olahrga Pelajar Tahun 2019 ini sebagai momentum kebangkitan Olahraga Kalsel. Mari kita bersatu padu dengan semangat tinggi, gigih berlatih, pantang menyerah seperti semangat Pangeran Antasari Haram Menyerah Waja Sampai Kaputing, “kata Gubernur Sahbirin.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan Festival Olahraga  tersebut dan berpesan kepada wasit/juri agar berlaku dengan sportifitas, memberi penilaian dengan professional dan juga kepada para peserta atlit di dalam pertandingan jangan sampai terjadi perkelahian dan lain sebagainya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel, Hermansyah, dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup Tahun 2019 adalah sebuah upaya untuk memasyarakatkan olahraga di Prov Kalsel sesuai dengan arahan Gubernur Sahbirin Noor agar semakin menggelorakan semangat olahraga di Prov Kalsel.

Dalam kesempatan itu, Hermansyah juga menyampaikan, bahwa kita patut bersyukur karena Gubernur telah ditetapkan sebagai Gubernur Pembina Olahraga terbaik se Indonesia dari Kemenpora dan sebagai Pembina Olahraga terbaik dari PWI di Surabaya.

Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup 2019 selain Kota Banjarmasin diikuti juga dari Kab. Tapin, Kotabaru, Tanah Laut, HSS, HSU, Batola, Kab. Banjar, Tabalong dan Kota Banjarbaru, yang memperebutkan hadiah sebesar Rp. 80 juta di 4 cabang olahraga. “Mudah-mudahan ini menjadi tekad kita bersama, anak-anak atlit ini bisa terus kita lakukan pembinaan, sehingga nantinya mereka bisa menjadi atli-atlit Kalsel, menjadi generasi emasnya Kalsel, “ujar Hermansyah mengakhiri sambutannya.

Nama-nama Pemenang pada acara  Festival Olahraga Pelajar Paman Birin Cup Tahun 2019 se Kalsel yang mendapatkan hadiah berupa Tropy, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan adalah; pada cabang Olahraga Futsal Juara I SMPN 14 Banjarmasin mendapat uang pembinaan Rp. 8 juta, Juara II SMPN 6 Banjarmasin (Rp. 6 Juta), Juara III MTS Tarbiyatul Islamiyah Tapin (Rp. 4 juta), Juara IV SMPN 4 (Rp. 2 juta).

Cabang Olahraga Tenis Meja kategori Tunggal Putra; Juara I M. Khotib, MTs Martapura (Rp. 5 juta), Juara II Iqbal Prayoga, Mts Martapura (Rp. 3 juta), Juara III Fikri Haikal, SMPN 6 Banjarmasin (Rp. 2 juta), juara IV Rizki Kholis, MTs Martapura (Rp. 1 juta). Cabang Olahraga Tenis Meja kategori Tunggal Putri; Juara I Nur Rizka, SMPN 6 Banjarmasin (Rp. 4 juta), Jara II Rizki Amelia, SMPN 6 Banjarmasin (Rp. 2,5 juta), Juara III Aulia Fitriani, SMPN 1 Batola (Rp. 1,5 juta) dan Juara IV Nadia Salsabila, SMPN 1 Banjarbaru (Rp. 1 juta).

Cabang olahraga Bulu Tangkis kategori tunggal Putra; Juara I M. Rifani, MAN 1 Kab Banjar (Rp. 4 juta), Juara II Dwiki Arsi, SMAN 2 Banjarmasin (Rp. 3 juta), Juara III M. Naufal, MAN 1 Kab Banjar (Rp. 2 juta), juara IV Adi Fajar, SMAN 3 Banjarmasin (Rp. 1 juta). Cabang olahraga Bulu Tangkis kategori tunggal Putri; Juara I Yuza Nur Annisa, SMAN 1 Gambut (Rp. 4 juta), Juara II Tasya Nurhaliza, SMAN 2 Banjarmasin (Rp. 3 juta), Juara III Tiara Agustin, SMAN 3 Banjarbaru (Rp. 2 juta), juara IV Gt. Kinta Wardani, SMAN 2 Banjarmasin (Rp. 1 juta).

Cabang Dance Tari Tradisional; Juara I SMKN Kotabaru (Rp. 3 juta), Juara II SMA GIBS (Rp. 2 juta), Juara III SMAN 2 Banjarmasin (Rp. 1 juta). Cabang Dance Modern, Juara I SMAN 7 Banjarmasin (Rp. 5 juta), Juara II SMA Don Bosco (Rp. 3,5 juta), Juara III SMAN 2 Banjarmasin (Rp. 2,5 juta), Juara Harapan I SMA Kana’an Tim A (Rp. 1,5 juta), Harapan II SMA Kana’am Tim B (Rp. 1 juta) dan Harapan III SMAN 1 Pelaihari (Rp. 500 ribu). Hadiah para juara masing-masing diserahkan oleh Sekretaris Dispora, H. Muslimi, Kabid Pemberdayaan Dispora, Yuyu Rahmat Maulana dan Panitia Pelaksana Aspia Rahman. (Aisyah/mzr)

 704 total views,  6 views today

Check Also

Aparat Hukum Dihimbau Berantas Narkoba agar Bisa Lebih Ditingkatkan Lagi

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. Suripno Sumas Banjarmasin, mediaprospek.com—Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.