Tahun 2018 Sudah Dilakukan Rehabilitasi lebih dari 10 Ribu Hektar Irigasi dan Peningkatan Kualitas Jalan

Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel Asbulah

Analisa, Telaah dan Rekomendasi LKPj Pansus III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan

Pembangunan dan Infrastruktur dalam RPJMD 2016-2021

 Banjarmasin, mediaprospek.com–Terkait dengan pembangunan infrastruktur, lebih dari 10 ribu hektar rehabilitasi irigasi dan peningkatan kualitas jalan, sudah dilakukan sepanjang tahun anggaran 2018 yang lalu. Seiring dengan peningkatan perbaikan beberapa kekurangan yang perlu pembenahan, perbaikan dan solusi yang cermat dan tepat, agar pembangunan di Kalimantan Selatan bisa berlangsung dengan lebih baik.

Pemerintah daerah menginginkan peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui transformasi ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor ekonomi yang berkelanjutan, yang harapannya akan memandirikan Kalsel dari pangan dan energi.

Dalam bidang infrastruktur, pemerintah daerah menginginkan adanya pembangunan konektivitas antar wilayah yang dapat meningkatkan aksesibilitas orang, barang dan jasa agar lebih cepat dan murah serta lebih merata. Memantapkan tingkat penyediaan sarana dan prasarana pelayanan dasar (air bersih, listrik pedesaan dan lain-lain).

Asbulah di hadapan segenap anggota dewan ketika menyampaikan hasil Rekomendasi pansus III DPRD Kalsel Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Prov Kalsel Akhir Tahun Anggaran 2018, Senin (15/4), mengatakan bahwa dalam peningkatan kualitas SDM, indikator dalam Index Pembangunan Manusia (IPM) akan terus digenjot, agar semakin berkualitas. Ada 8 program kerja yang menyentuh bidang infrastruktur, yaitu pertama, Pemantapan Jalan dan Jembatan Provinsi serta Infrastruktur Rencana Strategis Nasional. Kedua, Mendorong pembangunan jaringan jalan dan jembatan baru; a. Jembatan penghubung Kalimantan dan Pulau laut b. Pembangunan jalan lingkar pulau Laut. c. Pembangunan jalan Matraman-Sei Ulin. d. Pembangunan Jembatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala dan akses jalannya. e. Penyelesaian pembangunan jalan Marabahan-Margasari-Buas­Buas- Nagara dan Buas-Buas-Tabatan baru.

Ketiga, Meningkatkan cakupan Penyediaan energi listrik secara merata di semua wilayah, melalui pembangunan pembangkit listrik skala desa/rumah tangga dengan energi terbarukan (Biogas, PLTMH, PLTS).

Keempat, Meningkatkan cakupan Penyediaan Pelayanan Air bersih secara merata di semua wilayah perkotaan dan pedesaan, melalui Penyediaan sumur bor,  bantuan penyertaan modal terhadap PDAM serta Penyelesaian pembangunan SPAM regional Banjar Bakula.

Kelima, Mendorong penyelesaian pembangunan daerah irigasi, seperti di Tapin, Batang Alai, Pitap, Amandit dan Kinarum. Keenam, Pembangunan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin,  Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura, dan kedelapan, Mendorong penyelesaian Pembangunan Pelabuhan Laut Pelaihari. Selebihnya program-program yang mendukung visi Kalimantan Selatan “Menuju Kalimantan Selatan Mapan (Mandiri dan Terdepan.) Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berdikari dan Berdaya Saing”, sudah dijabarkan secara rinci dalam RPJMD 2016-2021. Sebagai bagian dari penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD senantiasa menjunjung objektivitas dan tetap bersikap kritis konstruktif bagi peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan. “Oleh karenanya kami perlu memberikan apresiasi”, ujarnya. (AIS/MZR)

 189 total views,  1 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.