Revisi Perda Harus Mengikuti Peraturan-Peraturan di Atasnya Serta Melihat Dinamika di Lapangan

Banjarmasin, mediaprospek.com—-Jawaban ketua Komisi I DPRD Prov Kalsel H. Syahdillah, S.Sos, M.Si, atas Inisiatif Rancangan Revisi Perda Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Pengendalian Kebakaran Lahan, yang disampaikan Oleh  Hj. Kamariatul Herlina, SE, di hadapan segenap anggota dewan, mengatakan bahwa, selaku inisiator Raperda atas Perda Nomor I Tahun 2008, tentu sangat memperhatikan harapan dan pesan yang termuat dalam pemandangan umum yang disampaikan oleh seluruh fraksi-fraksi di DPRD, dengan garis besarnya dijabarkan bahwa semua sudah mengetahui bahwa kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan, Senin (11/3).

Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, asap bisa mengganggu jarak pandang terutama untuk transportasi penerbangan.

Seluruh fraksi sangat mendukung upaya Revisi Perda ini, karena harus mengikuti peraturan-peraturan di atasnya serta melihat dinamika yang terjadi di lapangan. Regulasi ini harus lebih banyak melibatkan masyarakat, agar bisa ikut mengawasi dan memantau titik rawan kebakaran hutan atau mewaspadai daerah dengan potensi kebakaran hutan tinggi. Seluruh fraksi juga ingin agar Perda ini senada dan sinergi dengan peraturan-peraturan perundangan lainnya, agar revisi kali ini bisa lebih memberikan kepastian hukum.

“Kami selaku inisiator tentu akan ingat segala pesan dan harapan yang terkandung dalam pemandangan umum yang disampaikan oleh fraksi-fraksi, untuk itu perkenankan kami kiranya untuk menyampaikan beberapa pendapat antara lain, Provinsi Kalsel memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk berperan proaktif dalam pengendalian kebakaran hutan dan atau lahan di daerah Kalsel sebagai legitimasi tindakan pemerintah di dalam memberikan gas karbondioksida dan gas-gas lain ke udara yang berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim, “,kata Kamariatul mengakhiri. (MZR)

 480 total views,  1 views today

Check Also

Korban Terorisme Mendapat Kompensasi dan Santunan Negara  

Juru bicara Presiden RI Fadjroel Rachman Jakarta, mediaprospek.com–Negara telah menyetujui dan menyiapkan dana kompensasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.