Home / Polkam / Regulasi untuk Menekan Dampak Tersebarnya Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Regulasi untuk Menekan Dampak Tersebarnya Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Ilham Nor , ST

Banjarmasin, mediaprospek.com– Pemandangan Umum Fraksi Partai Gerindra yang diketuai Drs. Muharram Terhadap Raperda Inisiatif Komisi I Tentang Pengendalian Kebakaran lahan dan atau Hutan dan Raperda Inisiatif Komisi IV Tentang Pemberdayaan Pondok Pesantren dan Sekolah Keagamaan yang disampaikan oleh Ilham Nor , ST, pada rapat paripurna Senin, 11 Maret lalu, di hadapan segenap anggota dewan, mengatakan bahwa untuk 2 (dua) Raperda  tersebut di atas fraksi Partai Gerindra DPRD Prov Kalsel dalam hal ini berpendapat, pertama, Raperda inisiatif komisi I tentang pengendalian kebakaran lahan dan atau hutan.

Ilham mengatakan bahwa pengendalian kebakaran lahan dan atau hutan merupakan regulasi untuk menekan dampak kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan tersebarnya asap dan emisi gas karbondioksida dan gas – gas lain ke udara yang berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

“Rancangan Perubahan Peraturan Daerah ini kami harapkan menjadi payung hukum dalam memberikan pelayanan  perlindungan dan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan, “ujarnya.

Kedua, Raperda lnisiatif komisi IV tentang pemberdayaan pondok pesantren dan sekolah keagamaan. Bahwa untuk menjamin hak atas pendidikan merupakan hak atas setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan, serta meningkatkan harkat dan martabat manusia di dalam kehidupan sosialnya.

“Seiring dengan hal tersebut di atas, dari berbagai pengalaman di provinsi lain yang sedang maupun yang sudah menggarap Perda serupa, maka kita perlu membahas secara cermat agar Perda ini lebih mengatur pada hal-hal teknis dengan melakukan kajian normatif, yang bertujuan untuk memberikan pelayan pendidikan sesuai dengan apa yang di amanatkan oleh undang – undang dan 4 (empat) prioritas RPJMD Provinsi Kalimantan Selatan,”, ujar Ilham mengakhiri pandangan Fraksinya. (MZR)

 182 total views,  2 views today