Banteng Pertahankan Juara Umum MTQ Nasional  ke 51 Tingkat Kota Banjarmasin

Juara Umum Tilawah diraih oleh M. Rizqon dengan nilai 97 dari Kecamatan Banjarmasin Selatan. Juara Umum Tahfizh diraih oleh M. Robbyannoor dengan nilai 99,05 dari Kecamatan Banjarmasin Selatan. Nampak M. Rizqon menerima hadiah dan penghargaan dari Walikota Banjamasin H. Ibnu Sina, Senin (18/3/2019)

Banjarmasin, mediaprospek.com

Banjarmasin Tengah (Banteng_red) pada tahun 2019 ini berhasil mempertahankan gelar Juara Umum MTQ Nasional  ke 51 Tingkat Kota Banjarmasin.  Hal ini menandai Penutupan MTQ tingkat kota Banjarmasin sekaligus penutupan Bank Kalsel Syariah Expo, bertepatan dengan 11 Rajab 1440 H, Senin malam, (18/02/2019) lalu.

                Adapun untuk Juara Umum Tilawah diraih oleh M. Rizqon dengan nilai 97 dari Kecamatan Banjarmasin Selatan. Juara Umum Tahfizh diraih oleh M. Robbyannoor dengan nilai 99,05 dari Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Sedangkan Juara umum Daerah diraih oleh Kecamatan Banjarmasin Tengah dengan nilai 69, Juara II Kecamatan Utara dengan nilai 67, juara III Kecamatan Banjarmasin Barat dengan nilai 61, juara IV Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan nilai 54, dan Juara V Kecamatan Banjarmasin Timur dengan nilai 43.

Kepada para wartawan media cetak dan eletronik, Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina menyatakan rasa syukur bahwa MTQ ke 51 tingkat kota Banjarmasin telah sukses dilaksanakan oleh Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Saya memberikan Apresiasi yang luar biasa kepada Camat Banajrmasin Utara dan jajarannya dan atas nama Pemko, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan juga para pemenang para hafiz/ah, qori/ah termasuk juga seluruh cabang lomba ini menjadi bibit-bibit unggul kita ke depan dalam rangka mempertahan Kota Banjarmasin sebagai Juara Umum dalam MTQ tingkat Prov Kalsel yang  tahun ini akan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru.

“Dari sinilah kita bisa mencari bibit-bibit  unggul agar Banjarmasin sebagai lumbung penghasil generasi Qur’ani bisa kita pertahankan, di tengah serbuan suasana perkotaan Banjarmasin yang gegap gempita termasuk isu-isu, misalnya narkoba, kenakalan anak remaja dan sebagainya, “ujar orang nomor satu di kota Seribu Sungai ini.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini sangat positif untuk menjadikan kota Banjarmasin, khususnya generasi muda kita, agar mereka menjadi generasi yang qur’ani, berakhlak mulia dan ini juga memberikan spirit dan semangat kepada ustad-ustadzah yang selama ini membina anak kita,”katanya

“Baik melalui melalui program BKPRMI, LPTQ juga program magrib mengaji dan sebagainya. Pada kesempatan yang baik ini juga  kami mengucapkan terimakasih kepada ustadz-ustadzah yang selama ini sudah membina anak-anal kita, sehingga mereka menjadi generasi baik generasi iqra, generasi Ummi, generasi metode belajar alquran yang saat ini marak di kota Banjarmasin dengan berbagai macam metode alquran,”jelas Walikota.

“ Termasuk juga kepada rumah-rumah tahfiz yang dari sanalah kita bisa berharap cikal bakal bahwa kita tidak kekurangan stok utk calon-calon hafiz-hafizah, juga selain itu kami mengucapkan terimakasih atas segala dukungan kepada semua sponsor terutama sponsor utama Bank Kalsel Syari’ah yang juga mendukung program pemerintah kota untuk mewujudkan Banjarmasin Baiman dengan menggelar Bank Kalsel Syariah Expo dan ini akan menjadi agenda tahunan,”tambahnya.

“Kepada para pemenang akan dikirim ke tingkat propinsi dan mereka harus masuk pembinaan secara intensif agar di MTQ di tingkat provinsi nanti, mereka bisa tampil secara prima mewakili Banjarmasin dan  jangan sampai selesai MTQ ini tidak terperhatikan lagi,” tandasnya.

“Harapan saya kedepannya pada acara MTQ ini, diharapkan bisa digelar secara rutin karena dari sini menjadi semacam  ajang untuk menguji dan kesempatan bagi anak-anak didik kita untuk bisa tampil terutama di cabang-cabang yang bergengsi khususnya misalnya cabang  anak-anak, remaja dan dewasa putra-putri baik di tilawatil quran maupun di hifzul quran,”harapnya.

Sekali lagi  atas nama Pemerintah  Kota Banjarmasin Walikota Ibnu Sina menyampaikan rasa bangga, penghargaan dan sekaligus rasa haru kepada seluruh panitia penyelenggara khususnya kepada tuan rumah yaitu Kecamatan Banjarmasin Utara.

Ucapan terimakasih juga kepada dewan juri, dewan hakim dan seluruh kafilah dan seluruh warga yang hadir dalam rangkaian MTQ yang berlangsung selama 4 malam digelar.

“Tidaklah berlebihan seandainya kami mengatakan bahwa MTQ ke 51 tingkat kota Banjarmasin 2019 ini begitu meriah, begitu  ramai dan  ini adalah simbol daripada kecintaan seluruh warga kota Banjarmasin terhadap Al-quran yang kita cintai,”cetusnya.

“Oleh karena itu, mudah-mudahan pada pelaksanaan MTQ tahun yang akan datang di Kecamatan Banjarmasin Barat lebih meriah lagi. Sehingga dalam rangkaian lomba-lomba yang ada di MTQ, dapat merebut kembali juara umum untuk tingkat provinsi di Kotabaru yang akan datang untuk ketiga kalinya, ”harapnya

Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Barasih wan Nyaman salah satunya adalah dengan mewujudkan kegiatan seperti ini dan juga kegiatan magrib mengaji yang sudah dilaksanakan secara rutin di mesjid-mesjid dan mushalla/langgar di kota Banjarmasin.

“Selamat dan sukses kepada seluruh pihak dan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara. Semoga amal bapak-ibu sekalian mendapatkan ridho, mendapatkan rahmat, serta berkah dari Allah swt,”, ucapnya.

Camat Banjarmasin Utara Apiluddin, M.Sos, M.Ap, dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya baru pertama kali ini menjadi  tuan rumah dalam kegiatan MTQ dan dirinya mengaku merasa gugup  dalam pelaksanaannya, namun, katanya, dengan adanya kerjasama yang dijalin terutama di Kecamatan, di  kelurahan dan dengan masyarakat yang punya berkemampuan ekonomi lebih, menjalin hubungan bagaimana nantinya dalam pelaksanaan MTQ ini dapat berjalan dengan lancar.

“Selama pelaksanaan MTQ dari awal hingga akhir,  Alhamdulillah berjalan lancar, tidak ada halangan, artinya di dalam pelaksanaan komunikasi tidak ada hambatan,”, katanya.

“Kemudian peran dari lurah-lurah yang memberikan dukungan khususnya di kecamatan Banjarmasin Utara, juga dukungan dari camat-camat, yang memberikan dukungan moril, sport, apalagi dari camat-camat yang sudah punya pengalaman dalam penyelenggaraan MTQ, “ujarnya.

“Juga ucapan terimakasih kepada Satgas kebersihan di KecamatnBanjarmasin Utara dari awal persiapan hingga malam akhir kegiatan ikut berpartisipasi. Juga kepada beberapa sponsor terutama dari Bank Kalsel Syariah, Travel Thayyibah dan H. Anwar Hadimi, Swisbell Hotel  yang memberikan umroh gratis. Lurah-lurah Sekecamatan Banjarmasin Utara yang memberikan doorprize, “imbuhnya.

“Terima kasih juga pihak EO yang membantu kegiatan hingga berjalan dengan lancar. Serta tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada para pengunjung yang datang hingga ribuan pengunjung.  Pada akhir acara yang ditunggu-tunggu pada pencabutan nomor  undiah berhadiah, ada tambahan bonus umroh dari H. Anwar Hadimi untuk kategori dewan juri dan dewan hakim, kemudian untuk hafiz/hafizah 30 juz masing-masing satu orang  Umroh untuk putra/putri, yang sebelumnya sudah ada dua (2) buah hadiah umroh untuk peserta dan tiga (3) buah hadiah umroh dan tabungan haji, sembako serta hadiah lainnya untuk para pengunjung, “jelasnya. (Aisyah/mzr)

 210 total views,  1 views today

Check Also

Pengunduran Diri Pegawai KPK, Ka Biro Humas KPK Jangan Bernuansa Drama

  Oleh : Syahrir Irwan Yusuf, SH (Pengamat dan Praktisi Hukum) Dalam akhir pekan lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.