Pagu Kunker DPRD Kalsel Rp. 3,57 Milyar lebih  

Ketua DPRD Kalsel H. Burhanuddin menjelaskan kepada wartawan mengenai rencana kunker ke luar negeri, Kamis (7/2/2019)

BANJARMASIN, mediaprospek.com —Rencana Kunjungan Kerja (Kunker) 55 wakil rakyat bertolak ke luar negeri diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp3,57 miliar lebih, satu anggota dewan dibiayai Rp. 65 juta. Lawatan ke luar negeri itu, tak hanya melibatkan wakil rakyat. Seperti halnya kunker dalam daerah hingga luar pulau, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat DPRD Kalsel pun diberangkatkan.

Kunker dirasakan perlu dan dinilai urgent, karena dinilai banyak memberikan manfaat positif dan harapannya akan dilaksanakan dalam pembangunan di daerah. Tentunya hal ini dengan melihat sesuai kemampuan anggaran, jika cocok dan sudah diketahui, tentunya dapat dilaksanakan. Ketua DPRD Kalsel H. Burhanuddin usai memimpin rapat paripurna internal, mengatakan hal itu kepada wartawan, Kamis (7/2/2019) di Banjarmasin.

Daerah provinsi lain juga sudah melakukan hal yang sama dan rencana ke luar negeri itu sudah diatur dalam payung hukumnya, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perjalanan Dinas Anggota DPRD ke Luar Negeri. Kegiatan nantinya akan dilakukan masing-masing Komisi yang ada di dewan. “Empat Komisi yang ada di DPRD Kalsel ini nantinya menentukan tujuannya ke negara mana, karena masih dibahas di masing-masing komisi, lanjut politisi Golkar ini, pihaknya belum bisa memastikan tempat di luar negeri yang menjadi tujuan nantinya, karena masih tahap penggodokan. “Belum bisa kita pastikan negara mana yang dituju,” ujar Burhanuddin.

Selain tempat (negara, red) tujuan yang belum dipastikan, pihaknya juga belum berani memutuskan kapan waktu pelaksanaan kunjungan kerja tersebut, imbuhnya.

Diketahui, rencana kunker tersebut sudah bergulir saat rapat Badan Musyawarah DPRD Kalsel yang dilaksanakan pada 6 Februari lalu. “Ini masih sebatas wacana, meskipun memang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Tidak ada kewajiban bagi anggota untuk harus berangkat,” ujarnya.

Karena masih dalam tahap rencana, maka untuk negara tujuan maupun waktu kunker nantinya, juga belum dipastikan. “Ada yang ingin (kunker, red) sebelum Pemilu, ada juga yang maunya berangkat setelah Pemilu,” katanya.

Sekretaris DPRD Kalsel HM Rozaniansyah melalui Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel, M Zaini mengakui pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk kunker dewan ke luar negeri. “Ya kita patok anggaran Rp65 juta per anggota dewan,” jelas Zaini.

Rencana keberangkatan wakil rakyat ke luar negeri, ujarnya, sudah mengacu hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Jadi semua sudah melalui proses agar tak bersentuhan dengan hukum,” ungkapnya.

Soal pendamping komisi, pihaknya telah menyiapkan 11 orang staf.  “11 staf akan dibagi mendampingi 4 komisi, untuk anggaran staf, tidak sama dengan wakil rakyat. “Untuk staf, masing-masing kita siapkan anggaran Rp40 juta,” pungkas Zaini. (***/prospek)

 

 328 total views,  1 views today

Check Also

Mengungkap Misteri Indahnya Lagu Banjar lewat Bedah Buku Biografi Anang Ardiansyah

Banjarmasin, mediaprospek.com – Dua Tokoh berbeda Sabtu siang (19/09/2020) mengupas tuntas buku biografi salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.